Khasanah Ramadan (9): Pos Keamanan Ramadan

Khasanah Ramadan (9): Pos Keamanan Ramadan

Kepolisian serta pemerintahan daerah berikut jajaran TNI Polri membentuk pos-pos pengamanan saat pelaksanaan puasa Ramadan. Apalagi dalam gelombang menjemput Lebaran dengan pos operasi-operasi khusus mengamankan Idulfitri. --

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ramadan ini umat mendapatkan perhatian secara total. Demikianlah Allah SWT mencurahkan rahmat-Nya. Simak saja sampai akhir April 2024 nanti.

Pasti ada kesibukan yang di luar kebiasaan. Tanda-tandanya sudah kentara. Urusan mudik yang sangat personal dan paling komunal ini telah perhatikan oleh negara. 

Negara tampak sibuk bersama stakeholders, BUMN maupun pihak swasta. Kepolisian serta pemerintahan daerah berikut jajaran TNI Polri membentuk pos-pos pengamanan saat pelaksanaan puasa Ramadan.

Apalagi dalam gelombang menjemput Lebaran dengan pos operasi-operasi khusus mengamankan Idulfitri. Kondisi tata bermasyarakat urusan Ramadan ini masuk ke jantung otoritas negara.

Urusan logistik sampai dengan transportasi mudik. Baik yang berbayar maupun yang gratis difasilitasi. Kebutuhan sandang-pangan dan kendaraan digerakkan secara utuh oleh pemegang pemerintahan dalam segala tingkatan. 


Selama Ramadan, kenyamanan dan keamanan jamaah saat melaksanakan salat tarawih menjadi prioritas agar jamaah dapat fokus melaksanakan ibadah. --

Ini menandakan pelaksanaan ibadah puasa itu menghadirkan yang berwenang. Pelaku Ramadan memiliki suasana kebatinan yang lebih tenang.

Pos-pos keamanan hadir di banyak tempat, khususnya ruang-ruang keramaian. Mobilitas warga dijaga agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan. 

Para penyelenggaran ibadah puasa menjadi begitu pentingnya sehingga semua instansi terasa gupuh-lungguh-suguh sebagaimana ungkapan petuah Jawa itu.

Bukan hanya pribadi yang harus sibuk tetapi secara kelembagaan semuanya diminta memeriahkan pelaksanaan Ramadan.

BACA JUGA: Ada Pro Kontra, Penjual Wajib Paham tentang Program Shopee Garansi Bebas Pengembalian Ini Untung atau Malah Buntu

Jangankan urusan yang melibatkan negara yang tidak serta merta sibuk. Urusan di kampung tambah meriah karena ada keguyuban yang masih terjaga.

Di kampung-kampung halaman yang paling pinggiran dari Surabaya mislanya, tidak perlu kuatir. Malam hari usai terawih, masjid-masjid dimeriahkan dengan tadarusan.


Ustaz Ir. H. Misbakul Huda. MBA menyampaikan tausiah Ramadan di depan para muslimah dalam acara pondok Ramadan yang digelar di Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu, 16 Maret 2024. -Teddy Insani-HARIAN DISWAY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: