5 Gerakan Yoga Saat Puasa, Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

5 Gerakan Yoga Saat Puasa, Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Klub yoga.-alodokter-

HARIAN DISWAY - Melakukan aktivitas olahraga saat berpuasa merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan. Meskipun berpuasa, menjaga tubuh tetap aktif dapat membantu memelihara kesehatan fisik dan mental. Salah satu pilihan olahraga yang sangat cocok saat berpuasa adalah yoga

Yoga tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membawa ketenangan dan kejernihan pikiran. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan yoga selama puasa:

- Pilih Kelas Yoga yang Tepat

Pilihlah kelas yoga yang tidak terlalu banyak gerakan yang menguras tenaga. Cobalah untuk melakukan kelas yang hanya berlangsung selama 30 menit agar tidak terlalu diforsir. Gerakan-gerakan yang sederhana tetapi efektif adalah pilihan terbaik.

BACA JUGA:Rokok Bukan Takjil Untuk Berbuka Puasa, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Indahnya Jalin Silaturahmi dengan Menu Berbuka Puasa dari Resep Turun-Temurun

- Lakukan Gerakan Yoga yang Sederhana

Bagi pemula, tidak perlu memaksakan diri melakukan gerakan yoga yang sulit. Beberapa gerakan sederhana dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Berikut beberapa contoh gerakan yang mudah dilakukan saat berpuasa:

1. Gerakan Cat - Cow : Gerakan ini dilakukan dengan meletakkan telapak tangan dan lutut di atas matras seperti posisi merangkak. Pastikan pergelangan tangan sejajar lurus di bawah bahu dan lutut terbuka sejajar pinggul. Tarik napas sambil cekungkan punggung ke arah langit-langit (seperti sapi), tahan selama 8 detik. Keluarkan napas sambil cembungkan punggung seperti kucing, tahan selama 8 detik. Ulangi beberapa kali. Gerakan ini membantu menguatkan otot inti dan meningkatkan fleksibilitas punggung.


Gerakan Cat - Cow--

2. Gerakan Seated Twist: Duduk bersila di atas matras, lakukan tarik-buang napas perlahan. Saat mengeluarkan napas, putar tubuh ke kanan dengan tangan kanan lurus ke belakang dan tangan kiri menyentuh dengkul. Tahan gerakan ini selama 8 detik, lalu ulangi ke arah kiri. Gerakan ini membantu membakar lemak perut dan menjaga kesehatan organ dalam, juga memperbaiki postur tubuh dan merelaksasi otot-otot pinggang.


Gerakan Seated Twist--

3. Gerakan Downward Dog: Mulailah dalam posisi merangkak, tekan telapak kaki dan jari kaki ke lantai, letakkan tangan sedikit di depan bahu. Angkat tulang pantat ke langit-langit, dorong tumit ke lantai sampai membentuk huruf  V terbalik. Tahan posisi ini selama 1-3 menit untuk meregangkan otot lengan, dada, kaki, dan punggung.


Gerakan Downward Dog--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: