Program Golden Ticket Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Program Golden Ticket Masuk Perguruan Tinggi Negeri

ILUSTRASI Program Golden Ticket Masuk Perguruan Tinggi Negeri-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

 

MEMBUKTIKAN

Di tengah iklim persaingan masuk PTN yang makin ketat, kehadiran program golden ticket sudah tentu sangat menguntungkan siswa. Melalui program itu, siswa yang berasal dari keluarga miskin memiliki peluang untuk dapat diterima kuliah dan bahkan terbebas dari kewajiban membayar uang UKT jika yang bersangkutan benar-benar memiliki prestasi yang excellent.

Saat ini kita tentu telah sering membaca bahwa tidak sedikit mahasiswa yang tengah kesulitan untuk meneruskan kuliah karena terbentur biaya. Di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan berbagai daerah lain, sebagian mahasiswa dilaporkan terpaksa putus kuliah karena kondisi ekonomi orang tuanya yang tidak lagi memungkinkan.

Kondisi perekonomian nasional yang belum sepenuhnya pulih memang menyebabkan sebagian keluarga mengalami degradasi kehidupan. Bahkan, terpaksa harus mengorbankan masa depan anaknya untuk kuliah.

Saat siswa yang mendapatkan golden ticket untuk masuk ke Universitas Airlangga diumumkan pada 20 Maret 2024, wajah semua yang hadir tampak gembira. Semua siswa yang lolos menampakkan wajah penuh harap dan semangat yang kuat. 

Persoalannya sekarang tinggal bagaimana mereka membuktikan bahwa mereka memang pantas menerima golden ticket. Tantangan yang dihadapi siswa penerima golden ticket adalah mereka secara konsisten mampu menjaga stamina untuk terus giat belajar dan tidak menyia-nyiakan kesempatan emas yang diperolehnya. (*)

 

*) Budi Santoso, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

*) Bagong Suyanto, Dekan FISIP Universitas Airlangga

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: