Program Golden Ticket Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Program Golden Ticket Masuk Perguruan Tinggi Negeri

ILUSTRASI Program Golden Ticket Masuk Perguruan Tinggi Negeri-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Selama ini proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia sebetulnya bisa diikuti lewat tiga jalur. Yakni, seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP), seleksi nasional berbasis tes (SNBT), dan jalur mandiri. Prosedurnya adalah siswa harus mendaftarkan diri, menyerahkan berbagai berkas, ikut tes, dan menunggu pengumuman. 

Para siswa yang benar-benar pintar dan berprestasi akan dapat diterima kuliah di PTN idamannya lewat portofolio yang dikirim. Para siswa yang ikut tes SNBT tentu baru bisa lolos jika nilainya memenuhi syarat dan bisa mengalahkan siswa lain yang mendaftar di program studi yang sama.

Di Indonesia, ada beberapa PTN yang menyediakan jalur khusus bagi mahasiswa berprestasi bisa langsung diterima tanpa harus mengikuti tiga jenis seleksi tersebut. Cara itu berlaku bagi siswa yang mendapatkan golden ticket dari PTN tujuannya. 

BACA JUGA: Dekat Kampus Unair, Para Mahasiswa Bisa Kongko Seru di Roemah Kita Cafe and Resto

Universitas Airlangga adalah salah satu PTN yang membuka jalur golden ticket untuk menampung siswa-siswa yang memiliki prestasi agar dapat melanjutkan kuliah dan memintal masa depan yang lebih baik.

Selain Universitas Airlangga, beberapa PTN lain yang membuka jalur golden ticket adalah ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), IPB (Institut Pertanian Bogor), dan Unesa (Universitas Negeri Surabaya). Pada SNPMB tahun lalu, ITS menyediakan jalur khusus golden ticket hanya untuk calon mahasiswa yang berminat masuk jurusan desain produk, fakultas desain kreatif, dan bisnis digital. 

Syarat mendaftar golden ticket ITS, antara lain, harus memiliki prestasi tingkat nasional atau internasional di bidang akademik maupun nonakademik. Selain itu, untuk siswa yang sehari-hari merupakan kreator konten, influencer, dan entrepreneur juga memungkinkan mencoba jalur golden ticket. 

Untuk golden ticket ITS tahun 2024, para siswa bisa memanfaatkan jalur itu jika mengikuti lomba Olimpiade Desain Produk Nasional 2023 yang digelar ITS. Siswa terbaik dan terpilih dari ajang tersebut akan mendapatkan golden ticket masuk ITS.

Pada 2023, IPB University menawarkan program golden ticket khusus bagi siswa SMA/sederajat yang mempunyai skill kepemimpinan. Yakni, sebagai siswa yang pernah menjabat menjadi ketua OSIS atau anggota OSIS di sekolahnya. 

Golden ticket IPB itu diberikan melalui mekanisme Future Agile Leader Program (FALP) 2023, kerja sama pihak kampus dengan Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) IPB University. 

Sebanyak 15 siswa terbaik dari program tersebut akan menerima golden ticket masuk IPB 2024 tanpa tes.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) adalah PTN yang membuka pendaftaran golden ticket bagi siswa berprestasi melalui jalur penerimaan mahasiswa baru mulai 2024 ini. Pendaftaran program golden ticket Unesa dimulai pada 21 Februari 2024 dan proses seleksinya dilakukan secara bertahap. 

Calon mahasiswa yang sudah mendaftar pada Februari 2024 akan diverifikasi dan diwawancarai tim khusus. Siapa pun yang dinyatakan lolos niscaya akan menjadi kandidat kuat yang diterima kuliah di Unesa tanpa tes. 

Bahkan, Unesa menjanjikan kepada para siswa yang benar-benar bagus prestasinya juga mendapatkan fasilitas tidak dikenai biaya SPI. Bahkan, bisa bebas UKT delapan semester.

Program golden ticket Unesa pada 2024 hanya diperuntukkan prodi-prodi non kedokteran. Sementara itu, para siswa yang berminat untuk mengambil bidang studi kedokteran tidak bisa mendaftar melalui jalur golden tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: