6 Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur

6 Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur

ilustrasi.--

HARIAN DISWAY - Saat menjalankan puasa, penting untuk memperhatikan jenis-jenis minuman yang dikonsumsi agar kesehatan tetap terjaga. Terutama saat sahur. Memilih minuman yang tepat dapat membantu menjaga kondisi tubuh selama menjalani ibadah puasa. Namun, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari agar proses puasa berjalan lancar dan tanpa gangguan kesehatan yang berarti. Berikut adalah enam jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Air Dingin

Banyak dari kita mungkin tergoda untuk meminum segelas air dingin saat sahur. Terutama saat terjaga di malam hari. Namun, air dingin dapat memperlambat proses pencernaan makanan, menyebabkan mulas, dan kontraksi pada perut. Lebih baik memilih air dengan suhu ruangan atau air hangat untuk memperlancar pencernaan. Meskipun minum air dingin saat berbuka puasa dapat menyegarkan, sebaiknya tetap dihindari untuk menjaga kesehatan pencernaan.


ilustrasi.--

2. Minuman Manis

Minuman dengan kandungan gula tinggi tidak hanya membuat kita cepat haus, tetapi juga bisa meningkatkan risiko hipoglikemi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minuman manis saat sahur. Lebih baik memilih minuman rendah gula atau mengonsumsi air putih sebagai alternatif yang lebih sehat. Menggantikan minuman manis dengan buah juga merupakan pilihan yang bijak untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.


--

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung tingkat gula dan gas yang tinggi, yang dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Selain itu, minuman ini tidak memberikan nutrisi yang cukup untuk menjaga stamina selama puasa. Lebih baik menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah.


--

4. Minuman Berkafein

Minuman seperti kopi, teh, dan minuman berenergi mengandung kafein yang dapat meningkatkan produksi urin dan menyebabkan dehidrasi. Konsumsi kafein juga dapat mengganggu pola tidur dan membuat tubuh terasa lelah saat menjalankan puasa. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minuman berkafein saat sahur. Jika ingin mengonsumsi kopi, pastikan untuk tidak berlebihan dan pastikan perut sudah terisi dengan makanan sebelumnya.


--

5. Minuman Instan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: