Prioritaskan Santri, Dishub Jatim Sebut Mudik Gratis Jalur Laut Hanya Layani Satu Rute

Prioritaskan Santri, Dishub Jatim Sebut Mudik Gratis Jalur Laut Hanya Layani Satu Rute

Ratusan warga yang rela antre di kantor Dishub Jatim untuk mendaftar mudik Lebaran gratis. --Media Dishub Jatim

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut di Jawa Timur yang sudah digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.sudah dibuka sejak Senin, 25 Maret 2024.

Hanya ada satu rute mudik gratis jalur laut yang disediakan yakni rute dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo menuju Pulau Raas, Kabupaten Sumenep.

Bukan tanpa alasan Pemprov Jatim ingin fokus memfasilitasi para santri dan pekerja asal Raas yang merantau ke Situbondo dan Bali. "Pada saat hari raya, masyarakat Pulau Raas banyak bekerja di Bali dan akan membludak," ungkap Kepala Dishub Jatim Nyono.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Adakan Mudik Gratis Jalur Laut, Simak Rute dan Cara Daftarnya!

Oleh karena itu, Pelabuhan Jangkar menjadi perhatian Dishub Jatim. "Kemudian juga banyak santri Pulau Raas mondok di Situbondo," imbuhnya.

Nantinya, Dishub Jatim akan memfasilitasi tujuh perjalanan masyarakat yang mudik dari Jangkar ke Pulau Raas. "Jika PP 14 kali (mudik dan balik)," ungkap Nyono.

Sementara itu, masyarakat Jawa Timur juga diperbolehkan membawa kendaraannya pada saat mudik gratis jalur laut. Dishub Jatim telah menyediakan kuota untuk penumpang dan kendaraan. "Total ada 3.500 penumpang kemudian sepeda motor diangkut 2.100 (unit)," tandasnya. 

BACA JUGA: Pemudik Kini Bisa Cek Kelaikan Bus Lewat Aplikasi di Smartphone 

Dijelaskannya, fasilitas mudik penyeberangan tanggal 2 April itu kapal penyeberangan ke Pulau Raas. Dari Jangkar ke Pulau Raas 7 kali. Jika PP 14 kali (mudik dan balik)," imbuhnya.

Sementara itu, Dishub Jatim juga menyediakan mudik gratis jalur darat. Baik itu rute dalam provinsi maupun rute antarprovinsi. 

Pendaftarannya sudah lebih dulu dibuka secara hybrid. Masyarakat Jawa Timur bisa mendaftar secara online pada 13 Maret hingga 20 Maret 2024.

BACA JUGA: 54 Persen Tiket Kereta Lebaran Sudah Terjual, Puncak Arus Mudik Diprediksi H-4 Idul Fitri

Sementara pendaftaran offline, masyarakat Jatim bisa mendaftar di kantor Dishub Jatim mulai 24 Maret 2024. Syaratnya, cukup membawa Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK). "Kami buka mulai jam 08.00 sampai 15.00 WIB," tandas Nyono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: