Slovenia vs Portugal 2-0: Kalah Meski Ada Cristiano Ronaldo, Ini Alasan Roberto Martinez

Slovenia vs Portugal 2-0: Kalah Meski Ada Cristiano Ronaldo, Ini Alasan Roberto Martinez

SLOVENIA vs Portugal 2-0: Selecao das Quinas kalah meski ada Cristiano Ronaldo.--AFP

Saat melawan Slovenia, semangat untuk membalikkan keadaan mungkin belum terlihat. Namun, itu bakal jadi bahan evaluasi yang bagus baginya.

BACA JUGA:Portugal Libas Bosnia 5-0: Cristiano Ronaldo Cetak Brace Lagi

"Hasil melawan Slovenia ini positif kok. Kini kami mendapatkan informasi yang cukup untuk menyongsong Euro 2024 dengan persiapan yang lebih matang," kata pelatih 50 tahun itu.

Lambat Sejak Babak Pertama

Faktanya, Portugal memang mendominasi permainan sejak babak pertama. Mereka menguasai bola hingga 65%, dan pertandingan nyaris hanya berlangsung di sisi pertahanan Slovenia. Mereka menekan terus.

Namun, justru Slovenialah yang mendapatkan peluang pertama. Dari serangan balik, Benjamin Sesko melepaskan diri dari kawalan Pepe dan Diogo Dolot, ia menerjang menghadapi kiper Portugal, Diogo Costa. Sayang, tendangannya melebar.

Tuan rumah semakin percaya diri. Berkali-kali mereka melancarkan serangan balik. Dan berhasil mengecoh (lagi-lagi) Pepe dan Diogo Dalot.


SLOVENIA vs Portugal 2-0: Selecao das Quinas kalah meski ada Cristiano Ronaldo. Foto: para pemain Slovenia merayakan gol Adam Cernik.-Jure Makovec-AFP

BACA JUGA:SIIIIUUUU, Ronaldo Cetak Brace dan Pecah Rekor Setelah Portugal Kalahkan Slovakia 3-2

BACA JUGA:Tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal Catat Rekor Kemenangan Terbesar dalam Sejarah

Sebaliknya, penggawa Seleção das Quinas tidak mampu menaklukkan Jan Oblak. Kiper Atletico Madrid itu membuat penyelamatan penting dari Joao Felix di menit ke-32.

Roberto Martínez melakukan dua pergantian saat turun minum. António Silva dan Francisco Conceição menggantikan Pepe dan Otávio. Namun, pergantian itu tak membuat banyak perbedaan. Sesko mampu melewati Silva, memaksa Diogo Costa melakukan penyelamatan.

Joao Félix juga berusaha melakukan tusukan-tusukan berbahaya. Tapi juga tidak berbuah gol. Demikian pula sang megabintang,  Cristiano Ronaldo. Ia gagal mengendalikan umpan terobosan Vitinha. Sehingga peluang cantiknya malah melebar.

BACA JUGA:Kualifikasi Euro Portugal vs Slovakia 1-0: Bruno Fernandes Cetak Gol, Cristiano Ronaldo Akumulasi Kartu

Pada akhirnya, justru Slovenia yang berhasil melewati badai serangan Portugal. Mereka leading pada menit ke-72. Diawali umpan Zan Celar yang berkolaborasi dengan Sesko, yang kemudian melemparkannya ke Adam Cerin. Gelandang Panathinaikos itu menemukan ruang kosong sebelum melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang Costa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: portugoal