Mudik Motor Gratis 2024 Masih Tersedia Ribuan Kuota Tiket, Cek Jadwal dan Cara Daftar

Mudik Motor Gratis 2024 Masih Tersedia Ribuan Kuota Tiket, Cek Jadwal dan Cara Daftar

Program mudik motor gratis atau Motis 2024 yang digagas oleh Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian masih membuka pendaftaran. Ada ribuan kuota tiket untuk para calon penumpang Motis 2024 ini. --Dok KAI

HARIAN DISWAY - Program mudik motor gratis atau Motis 2024 yang digagas oleh Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian masih membuka pendaftaran. Ada ribuan kuota tiket untuk para calon penumpang Motis 2024 ini.

Para calon penumpang bisa memperhatikan jadwal dan syarat pendaftaran berikut supaya tidak kehabisan tiket Motis naik kereta tahun 2024 ini.

Pendaftaran mudik motor gratis atau angkutan motor gratis 2024 ini telah dibuka mulai 4 Maret 2024. PT KAI telah mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang Motis ini dengan baik.

Persiapan mulai dari rampcheck sarana, rampcheck SPM, hingga inspeksi keselamatan sudah dilakukan untuk menunjang keselamatan para penumpang.

BACA JUGA: Prediksi Puncak Arus Mudik Versi Menhub: Hindari Tanggal ini..

Program angkutan motor gratis naik kereta ini digagas oleh Kemenhub untuk menyelenggarakan mudik Lebaran lebih aman dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Masyarakat bisa memanfaatkan dengan maksimal program ini karena tersedia ribuan kuota tiket setiap hari untuk angkutan Motis 2024 ini. Tersedia 2.014 kuota tiket penumpang dan 870 unit motor per hari.

Penumpang bisa mendapatkan kuota tiket tersebut mulai dari sekarang karena pendaftarannya sudah dibuka. Berdasarkan informasi dari Ditjen KA, berikut jadwal pelaksanaan angkutan Motis 2024 ini.

Jadwal penyelenggaraan angkutan motis 2024:

  • 4 Maret - 18 April 2024: pembukaan pemesanan tiket penumpang,
  • 2 - 8 April 2024: pemberangkatan angkutan Motis arus mudik,
  • 13 - 19 April 2024: pemberangkatan angkutan Motis arus balik.

Seperti pada keterangan Ditjen Perkeretaapian, pemesanan tiket PT KAI untuk KA Antarkota bisa dilakukan H-45, KA Bandara H-7, KA Perkotaan Regional H-7, dan KA Whoosh bisa dilakukan H-14.

Adapun lokasi pendaftaran angkutan Motis ini bisa dilakukan pada 18 stasiun yaitu Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Cirebon, Prujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, dan Madiun.

Selain itu, terkait persyaratan yang harus dipenuhi penumpang sebelum melakukan pemesanan tiket adalah sebagai berikut.

Persyaratan pendaftaran angkutan motis 2024:

  • KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK,
  • Besaran motor <200 CC,
  • Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk,
  • Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan angkutan motis ini, para calon penumpang diberikan kuota pengiriman motor (gratis) sebanyak 2 tiket kereta api (selama tiket masih tersedia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ditjen perkeretaapian