Seleksi SNBP 2024, Unesa Terima 4.733 Orang dan Unair 1.895 Orang

Seleksi SNBP 2024, Unesa Terima 4.733 Orang dan Unair 1.895 Orang

Aktivitas mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas di area halaman Untag Surabaya. Selasa, 26 Maret 2024.-Acmad Gilang R. -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan pada Selasa, 26 Maret 2024. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menerima sebanyak 4.733 calon mahasiswa baru (camaba). Sedangkan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 1.895 camaba jalur SNBP. 

Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof Nurhasan mengatakan total pendaftar sebanyak 26.037 orang. Unesa yang bermoto 'Growing with Character' selalu menjadi salah satu PTN favorit di Indonesia setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari tren pendaftar UNESA pun naik dari tahun ke tahun. 

"Sebanyak 4.733 pendaftar dinyatakan lolos di UNESA. Angka tersebut memposisikan UNESA sebagai penerima mahasiswa baru terbanyak jalur SNBP 2024 disusul Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB)," jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof Madlazim mengatakan jumlah mahasiswa yang lolos jalur nasional ini berdasarkan kuota penerimaan UNESA jalur SNBP sebesar 28 persen dari keseluruhan daya tampung. 

BACA JUGA:Targetkan sebagai Agen Perubahan Transformasional, UPH Kampus Surabaya Sambut Mahasiswa Baru dengan “Godly Transformational Leadership”

BACA JUGA:Seleksi UTBK-SNBT 2024 Dibuka Hari Ini, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya!

"Daya tampung UNESA tahun 2024 mahasiswa baru ini yaitu 28 persen jalur SNBP, 44 persen jalur UTBK-SNBT, dan 28 persen jalur mandiri. Total keseluruhan daya tampung yaitu 17.130 mahasiswa. Daya tampung tahun ini turun jauh dari tahun lalu yaitu 22.915," jelasnya.

Peserta yang sudah lolos diimbau segera melakukan daftar ulang di laman https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg. Peserta yang sudah dinyatakan lolos SNBP tidak bisa mendaftar jalur SNBT dan Mandiri hingga tiga tahun ke depan.

Sementara itu, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Mohammad Nasih mengatakan tercatat ada sekitar 22 ribu orang  mendaftarkan diri melalui jalur SNBP di Unair. Daya tampung Unair jalur SNBP sebetulnya hanya 1.762 orang. Namun ditambah menjadi 1.895 orang.

"Daya tampung lebih 7 persen. Karena di dalamnya ada penerima golden ticket 57 peserta, lalu ada 368 peserta penerima KIP Kuliah juga," ujarnya.

Prof Nasih mengatakan bagi para peserta yang belum lolos seleksi agar tidak menyerah. Sebab peluamg masih terbuka di beberapa jalur. Misalnya saja jalur SNBT dan jalur mandiri.

BACA JUGA:Catat! Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Seleksi CPNS 2024, Informatika Capai 5.154 Posisi

BACA JUGA:IKN Buka Seleksi PPPK, Ada 355 Formasi, Lulusan SMA/SMK Bisa Daftar!

"Ada peluang di kawan-kawan swasta. Karena sekarang banyak perguruan tinggi berkualitas yang bisa menjadi pilihan kawan-kawan. Jadi, tetap semangat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: