Terbanyak Nasional, 24.423 Siswa Jawa Timur Lolos PTN Jalur SNBP 2024

Terbanyak Nasional, 24.423 Siswa Jawa Timur Lolos PTN Jalur SNBP 2024

Pj Gubernur Jatim secara simbolis memberikan beasiswa kepada seorang siswi SMA dalam sebuah acara di Gedung Negara Grahadi Surabaya.-Humas Pemprov Jatim -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Capaian prestasi pendidikan di Jawa Timur sungguh gemilang. Selama lima tahun kebelakang sejak tahun 2020, jumlah siswa asal Jatim yang diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu terbanyak secara nasional. 

Tahun ini, ada 24.423 siswa asal Jawa Timur yang dinyatakan lolos masuk PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 alias jalur tanpa tes. Angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2023, siswa Jatim yang lolos SNBP berjumlah 23.477 siswa. Artinya ada kenaikan sebesar 946 siswa dari total pendaftar SNBP asal Jawa Timur, yakni 100.981 siswa. Mereka tersebar dalam penerimaan PTN Akademik maupun PTN Vokasi. 

BACA JUGA:Seleksi SNBP 2024, Unesa Terima 4.733 Orang dan Unair 1.895 Orang

Anda sudah tahu, pada tahun 2020, jumlah siswa yang lolos PTN jalur tanpa tes sebanyak 13.803 siswa. Kemudian di tahun 2021, jumlah siswa Jatim yang diterima PTN jalur SNMPTN naik menjadi 16.998 siswa. 

Tahun berikutnya, sebanyak 17.807 siswa asal Jatim lolos PTN lewat jalur SNMPTN. Angka tersebut setara 20,15 persen dari 88.375 pendaftar. 

Secara khusus, PJ Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memberikan apresiasi atas dedikasi para tenaga pendidik yang luar biasa. Semangat belajar para siswa/siswi di Jatim juga turut diacungi jempol olehnya. 

“Terima kasih atas kerja keras yang dilakukan bapak ibu guru. Ini keberhasilan bersama mempertahankan posisi Jawa Timur sebagai Provinsi dengan penerimaan PTN terbanyak lima tahun berturut-turut,” ucapnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu, 27 Maret 2024. 

BACA JUGA:Siswa Lulus SNBP Wajib Daftar Ulang, Simak Aturan dan Tata Caranya

Torehan prestasi tersebut sekaligus jadi wujud komitmen Pemerintah Provinsi Jatim dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Tercermin dari program Jatim Cerdas yang masuk dalam visi Nawa Bhakti Satya. 

“Semua program dan dukungan dari Pemprov Jatim ini semata-mata untuk menyiapkan generasi emas yang kelak akan memimpin tonggak pembangunan Indonesia. Dari Jawa Timur untuk Indonesia Emas 2045,” imbuhnya. 

"Jangan berputus asa masih ada jalur UTBK-SNBT, persiapkan diri sebaik mungkin. Begitupun untuk bapak ibu guru dapat mendampingi para siswa baik secara psikis maupun akademik agar siap pada jalur UTBK-SNBT," tutur Adhy memotivasi siswa/siswi yang belum lolos PTN impian dari jalur SNBP. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: