Kemenhub Prediksi Penumpang Udara Melonjak 4 Juta Orang, Siapkan 420 Armada Pesawat

Kemenhub Prediksi Penumpang Udara Melonjak 4 Juta Orang, Siapkan 420 Armada Pesawat

Pemerintah menyiapkan 420 armada pesawat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik 2024-Kemenhub-Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memprediksi akan terjadi pembludakan massa penumpang moda transportasi udara hingga 4 juta orang.

Terlebih, kondisi negara kepulauan Indonesia menjadikan pesawat sebagai salah satu akomodasi pilihan masyarakat dalam menunaikan mudik lebarannya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) memproyeksikan angka peningkatan penumpang pesawat pada mudik lebaran tahun ini mencapai 12 persen dibandingkan dengan tahun lalu. 


Ilustrasi Pembludakan Penumpang saat Puncak Lebaran 2024--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

BACA JUGA:54 Persen Tiket Kereta Lebaran Sudah Terjual, Puncak Arus Mudik Diprediksi H-4 Idul Fitri

Bahkan, angka tersebut lebih tinggi 1 persen dibandingkan dengan periode mudik lebaran 2019 yang memiliki angka mudik paling tinggi selama lima tahun terakhir.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan sebanyak 420 unit pesawat terbang untuk mengatasi pembludakan penumpang pada periode mudik lebaran tahun ini.


Kondisi Bandara saat Mudik Lebaran 2024--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Lebih rinci, diperkirakan sebanyak 310 ribu lebih penumpang akan menunaikan mudiknya di puncak arus mudik dengan rincian 261 ribu lebih penerbangan domestik dan 49 ribu lebih penerbangan internasional.

BACA JUGA:Jelang Libur Panjang, Dirjen Hubud Inspeksi Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta

Sedangkan pada puncak arus balik sendiri, diperkirakan akan mencapai 314 ribu lebih penumpang dengan rincian 261 ribu lebih untuk penumpang domestik dan 52 ribu lebih untuk penumpang internasional.

Kristi menyebut dari hasil proyeksi jumlah penumpang, diperkirakan hanya 329 armada yang akan digunakan dari 420 unit yang sudah disiapkan.

Tidak berhenti disitu, orang yang akrab dipanggil Unyil tersebut juga menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan dengan matang untuk menghadapi pembludakan penumpang di arus mudik maupun balik pada lebaran 1445 H ini.

BACA JUGA:Penumpang Angkutan Udara Pada Lebaran Tahun 2024 Diproyeksikan Naik 12 Persen Dibandingkan Tahun Lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers kementerian perhubungan