Erupsi Gunung Marapi Keluarkan 2 Letusan Besar, Bandara Ditutup Sementara

Erupsi Gunung Marapi Keluarkan 2 Letusan Besar, Bandara Ditutup Sementara

Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar Sumatera Barat erupsi lagi pada Rabu, 27 Maret 2024. Erupsi ditandai dengan terjadinya dua letusan besar dengan suara gemuruh. -TikTok@riodesign-

HARIAN DISWAY - Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar Sumatera Barat erupsi lagi pada Rabu, 27 Maret 2024. Erupsi ditandai dengan terjadinya dua letusan besar dengan suara gemuruh pada pukul 20.54 WIB dan sekitar satu jam setelahnya pada pukul 21.57 WIB.

Dua letusan besar tersebut disertai lontaran lava pijar dan abu vulkanik dengan ketinggian kolom abu sebesar 1.500 meter tepat di atas puncak Gunung Marapi.

Pos Pengamat Gunungapi (PGA) Marapi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMGB) di Kota Bukittinggi memaparkan, pada Rabu, 27 Maret 2024 telah terjadi 5 kejadian letusan dalam waktu 24 jam. 

Erupsi juga menyebabkan hujan abu tipis di beberapa wilayah sekitar gunung, seperti pada Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Tanah Datar.

BACA JUGA: 6 Kali Gunung Marapi Alami Letusan Beruntun 

Selain itu Bandara Internasional Minangkabau (BIM) wilayah Sumatra Barat juga ditutup sementara sejak pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. pada Kamis, 28 Maret 2024.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI, Megi H Helmiadi menyampaikan alasan dari penutupan adalah dampak abu vulkanik yang mencapai wilayah BIM.

Kepala PGA Marapi Ahmad Rifandi meminta agar masyarakat sekitar lokasi erupsi terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan antisipasi dengan tidak melakukan aktivitas apapun pada radius 4,5 kilometer.

BACA JUGA: Gunung Marapi Meletus 60 Kali, PVMBG Aktif Berikan Imbauan

Sebelumnya, Gunung Marapi telah beberapa kali menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Erupsi terakhir yang tercatat di Gunung Marapi terjadi pada Sabtu, 2 Maret 2024 lalu.Ada sekitar 6 letusan beruntun sejak pukul 00.00 hingga 12.00 WIB. (Hayu Anindya Azzahra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber