Waspadai Penyakit Menular Ketika Mudik, IDI Sarankan Pakai Masker

Waspadai Penyakit Menular Ketika Mudik, IDI Sarankan Pakai Masker

Penyakit Menular Berpotensi Lebih Besar Ketika Mudik Lebaran--

HARIAN DISWAY - Banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mudik. Salah satunya adalah soal kesehatan. Terutama kewaspadaan terhadap penyakit menular

Belakangan ini beberapa penyakit menular kembali naik. Seperti yang disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam jumpa pers pada Rabu, 27 Maret 2024, penyakit tersebut meliputi Flu Singapura, TB, dan Covid 19.

Resiko penyebarannya akan semakin besar dibarengi dengan peristiwa migrasi tahunan yaitu mudik lebaran.

Apalagi dengan kontak manusia dalam kerumunan di ruang sempit seperti kendaraan umum memperbesar risiko penularan penyakit. 

BACA JUGA:Masih Darurat Kesehatan Internasional, Kenali Penyakit Polio dan Penularannya

Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat mempersiapkan diri sebelum mudik lebaran tahun ini. Dokter spesialis paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. Elina Burhan dalam diskusi daring menyarankan agar masyarakat menggunakan masker saat mudik. 

"Antisipasi saat mudik lebaran, karena memang ini tradisi tahunan Indonesia, tidak pernah sepi. Ini migrasi tahunan. Tentu saja mengundang risiko penyebaran penyakit menular, kita harapkan baik flu Singapura baik Covid-19 tidak meningkat saat mudik," pungkas Dr. Erlina. 

BACA JUGA:Musim Hujan, Waspadai Penyakit Leptospirosis yang Mematikan

Penyakit-penyakit tersebut menyebar melalui droplets ketika batuk, bersin dan bicara. Itulah mengapa selama perjalanan mudik dapat menggunakan masker sebagai antisipasi.

Selain menggunakan masker, Dr. Elina juga menyarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menghindari kerumunan dan kepadatan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: konferensi pers idi