Khofifah, Muhaimin, Risma Bersaing di Pilgub Jatim 2024

Khofifah, Muhaimin, Risma Bersaing di Pilgub Jatim 2024

Kolase tiga nama kandidat yang berpeluang ikut kontestasi Pilgub Jatim 2024.-Istimewa-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) baru saja merilis peta elektoral Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024. Hasilnya menunjukkan ada tiga publik figur yang digadang-gadang menjadi bakal calon Gubernur Jatim pada Pilkada November mendatang.

Mereka adalah Petahanan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Calon Wakil Presiden nomor urut 1 di Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar, dan tidak kalah kuat Menteri Sosial Tri Rismaharini. Hal itu dikatakan oleh Direktur ARCI Baihaki Sirajt.

Secara elektabilitas, ARCI menilai Khofifah masih unggul dengan 47,2 persen. Cak Imin, sapaan karib Muhaimin menyusul dengan 21,5 persen. Adapun Risma yang merupakan Eks Wali Kota Surabaya berada di urutan ketiga dengan 19,7 persen.

“Elektabilitas Khofifah unggul jauh dari nama-nama lain. Sampai saat ini, usai gelaran Pileg dan Pilpres 2024, elektabilitas Khofifah tidak tertandingi di Jatim” ujar Baihaki  di Surabaya, Kamis, 28 Maret 2024. 

BACA JUGA:Ratusan Relawan Tapal Kuda Nyatakan Dukungan Pada Khofifah di Pilgub Jatim 2024

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Menang Pilpres, TKD Siap Menangkan Khofifah di Pilgub Jatim

Anda sudah tahu, survei ARCI dilakukan selama sepekan, sejak 15 Maret sampai 23 Maret 2024. Survei menggunakan metode stratified multistage random sampling. Melibatkan 1.200 responden dengan margin of error di angka 2,8 persen. Artinya tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen. 25 persen kuisionernya dilakukan quality control.

Sementara berdasarkan popularitas, survei ARCI juga menunjukkan hasil yang tak jauh berbeda. Nama Khofifah lagi-lagi memuncaki bursa cagub Jatim 2024 dengan 98,7 persen. Cak Imin menempel dengan 98,6 persen. Disusul Emil Dardak 91,6 persen.


Direktur Survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) ARCI Baihaki Sirajt merilis peta elektoral Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.-Dokumentasi ARCI-

Tri Risma bertengger di urutan keempat dengan 78,5 persen. Menariknya, bursa Cagub Jatim juga diwarnai oleh ketum partai politik dan kepala daerah. Seperti Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad yang memperoleh 76,9 persen.

Kemudian Ketua Golkar Jatim Sarmuji dengan 71,5 persen, hingga Eks Bupati Sumenep Ahmad Fauzi yang meraih 57,7 persen. “Yang menarik dari top of mind ini, geliat nama-nama ketua parpol mulai terasa di bursa Cagub Jatim,” tandas Baihaki. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: