Sambut Lebaran, FO Djuanda Dibuka Lagi Mulai 2-19 April

Sambut Lebaran, FO Djuanda Dibuka Lagi Mulai 2-19 April

Flyover (FO) Djuanda bakal dibuka lagi untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran. Kali ini dibuka 24 jam mulai 2 hingga 19 April 2024. -Istimewa-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY – Kabar gembira bagi para pemudik. Khususnya yang melintas dari dan ke arah Sidoarjo, Surabaya, maupun Bandara Juanda. Sebab, flyover (FO) Djuanda bakal dibuka lagi untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran. Kali ini dibuka 24 jam mulai 2 hingga 19 April 2024.

"Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali sudah mengumumkan dan berkoordinasi dengan kami terkait rekayasa arus lalu lintas untuk mudik nanti," ucap Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat dikonfirmasi pada Jumat, 29 Maret 2024. 

BACA JUGA: FO Djuanda Resmi Diuji Coba, Kemacetan Arah Sidoarjo ke Surabaya Masih Terjadi

Lelaki yang karib disapa Gus Muhdlor itu juga menambahkan bahwa BBPJN Jatim-Bali juga bekerja sama dengan pihak terkait. Seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo dan pihak kepolisian.

Tentu untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini. "Rekayasa arus lalu lintas ini diharapkan dapat memperlancar akses pemudik dalam perjalanan mereka menuju kampung halaman saat merayakan Lebaran tahun ini," lanjut Gus Muhdlor.

Ia mengimbau kepada masyarakat tetap patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan bersama. Berikut rekayasa lalu lintas FO Djuanda

1. Dari arah Sidoarjo menuju Sidoarjo: lewat Frontage Sidoarjo-Surabaya sisi luar putar balik depan RS Mitra Keluarga atau melewati Frontage Sidoarjo-Surabaya sisi dalam putar balik SPBU.

2. Dari arah Sidoarjo ke Surabaya: melewati frontage Sidoarjo-Surabaya sisi luar.

3. Dari arah Sidoarjo menuju ke Bandara Juanda: melewati Flyover A ke arah Juanda.

Seperti diketahui, BBPJN Jatim-Bali menjadwalkan operasional FO Djuanda secara penuh setelah seluruh pekerjaan selesai. Sesuai dengan rencana, serah terima pekerjaan akan digelar pada 2 April 2024.

BACA JUGA: Sabarrr...Kemacetan Arah Sidoarjo ke Surabaya di FO Djuanda Masih Berlangsung Sepekan Ke Depan

Pembangunan FO Djuanda yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) dimulai pada 1 November 2022. Menghabiskan anggaran sebesar Rp 328 miliar dari APBN. 

FO Djuanda memiliki total panjang jembatan 858 meter. Masing-masing dengan FO Djuanda A (Sidoarjo-Juanda) sepanjang 435 meter dan FO Djuanda B (Juanda-Surabaya) sepanjang 423 meter.

Lebar jembatannya 9 meter yang terdiri dari dua lajur. Dengan lebar masing-masing 3,5 meter, bahu jalan, dan parapet sebagai pelindung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: