Ferienjob, Jadi Kuli Panggul

Ferienjob, Jadi Kuli Panggul

ILUSTRASI kasus mahasiswa yang menjalani program ferienjob di Jerman, tapi malah jadi kuli panggul.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pada 6 Mei 2023 dosen SS datang lagi ke UNJ. Lagi, menjelaskan program magang internasional ke Jerman yang disebut ferienjob. Kedatangannya kali ini bersama rombongan dari PT SHB dan CV Gen, para pihak yang akan mengurusi proses magang di Jerman.

Di pertemuan itu pihak SS menjelaskan bahwa PT SHB adalah perusahaan yang sudah berbadan hukum berdasar nomor AHU-02200096.AH.11 tahun 2021. Program magang internasional di Jerman itu diklaim telah diakui pemerintah Jerman dan Indonesia.

SS serta para petinggi PT SHB dan CV Gen menyatakan dan menjamin bahwa itu adalah program magang yang dilakukan selama tiga bulan.

Pada 19 Mei 2023, pembuatan MoU. Sebelum penandatanganan MoU, diadakan seminar program magang internasional di Jerman di lantai 8 gedung Syafe’i, kampus UNJ. Pembicaranya, ya SS serta pihak dari PT SHB dan CV Gen.

Selesai seminar, diteken MoU antara UNJ dan PT SHB. Dibuktikan dengan nota kesepahaman antara UNJ dan PT SHB No. B 19.UN/39 HK 07.00/2023 dan 39/MOU/SHB-UNJUni/VI/2023 tentang Penyelenggaraan Program International Internship bagi Mahasiswa UNJ ke Jerman.

Pada 12 September 2023, UNJ minta jaminan dari pihak penyelenggara, yakni PT SHB dan CV Gen.

Pada 19 September 2023, PT SHB menjawab bahwa hakikat program itu adalah magang. PT SHB menjamin bahwa pihaknya berkomitmen penuh dalam magang tersebut dan berjanji tidak ada unsur kekerasan seksual, tidak ada unsur kekerasan fisik, dan tidak ada unsur perdagangan manusia.

Program yang ditawarkan itu dibiayai secara mandiri oleh peserta mahasiswa. Biaya pendaftaran Rp 150.000 serta 350 Euro (Rp 6.000.000). Juga, dana talangan antara Rp 30 sampai Rp 50 juta yang akan dipotong gaji peserta mahasiswa.

Pada 2 Oktober 2023, sebanyak 93 mahasiswa berangkat ke Jerman. Dari UNJ 93 mahasiswa.

UNJ menggunakan jasa pihak travel Purnama untuk proses pengurusan perjalanan mahasiswa ke Jerman.

Beberapa minggu kemudian ada masalah. Para mahasiswa yang sudah kerja di Jerman mengeluh soal jenis pekerjaan yang tidak realistis (jadi kuli panggul).

Pada 25 Oktober 2023, UNJ mengirim tim monitoring. Dua dosen diberangkatkan ke Jerman. Pada waktu hampir bersamaan muncul surat edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek) Nomor: 1032/E.E2/DT.00.05/2023 yang memuat laporan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin. 

Dijelaskan bahwa penyelenggaraan program ferienjob yang dikelola PT SHB dan CV Gen terindikasi ada pelanggaran prosedural.

Pada 3 November 2023, dua dosen UNJ mengadakan audiensi dengan KBRI Berlin. Dari situ diperoleh informasi bahwa menurut KBRI Berlin, program itu bukan magang, melainkan bekerja.

Pada 30 Desember 2023, semua mahasiswa UNJ dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan sehat dan tidak mengalami kekerasan fisik selama magang di Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: