Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia, Menag: Kado Istimewa Bagi Umat Katolik

Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia, Menag: Kado Istimewa Bagi Umat Katolik

Paus Fransiskus saat memimpin ibadah malam paskah di Basilika Santo Petrus Vatikan pada Sabtu, 30 Maret 2024. Pihak Vatikan telah mengkonfirmasi bahwa Sri Paus akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat-Tiziana Fabi/AFP-

HARIAN DISWAY - Paus Fransiskus akan datang ke Indonesia pada 3 September 2024 mendatang. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengabarkan hal ini setelah mendapat kepastian dari pihak otoritas Vatikan.

“Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia,” ucap Menag Yaqut saat berada di Rembang pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Presiden Joko Widodo pun telah menantikan kedatangan pemimpin tertinggi umat Katolik itu. Sebelumnya, Jokowi sempat mengirimkan surat undangan kepada Paus Fransiskus melalui Menag Yaqut pada Juni 2022.

BACA JUGA:Menag Ucapkan Selamat Tri Hari Suci Paskah, Lebih Istimewa Setelah Nama Isa Almasih Diubah Menjadi Yesus Kristus

Dalam kesempatan tersebut, Menag Yaqut mengatakan undangan Jokowi kepada Paus Fransiskus bertujuan untuk memperlihatkan keberagaman di Indonesia. Menag Yaqut turut menyampaikan salam dari para Uskup Agung dan Uskup Indonesia, serta kerinduan umat Katolik kepada Paus Fransiskus. Mereka pun mendoakan kesehatan serta kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. 


Menag Yaqut umumkan kedatangan Paus Fransiskus pada 3 September 2024 mendatang. - Muhammad Marjan Madyansyah-Kementerian Agama

“Alhamdulillah, setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya dapat hadir di Indonesia. Ini saya kira menjadi kado istimewa juga bagi umat Katolik khususnya,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Men tersebut.

Pada kunjungan mendatang, Gus Men berharap Paus Fransiskus dapat menyaksikan keberagaman dan persaudaraan antar umat beragama di tengah masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Happy Easter! Ini Makna dan Alasan Perayaan Paskah Identik dengan Telur

“Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antar pemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kita berharap Paus Fransiskus dapat melihat keberagaman ini di Indonesia,” lanjutnya. (Isro Nur Siti Khotidjah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: