Happy Easter! Ini Makna dan Alasan Perayaan Paskah Identik dengan Telur

Happy Easter! Ini Makna dan Alasan Perayaan Paskah Identik dengan Telur

Happy Easter Day, ini makna dan alasan perayaan Paskah identik dengan telur. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Hari ini, Minggu, 31 Maret 2024, umat Kristiani merayakan Hari Raya Paskah. Perayaan ini dimaknai sebagai momentum kebangkitan Yesus Kristus dari kematian.

Tradisi yang sering terkait dengan Paskah adalah telur berwarna-warni. Namun, apa alasan telur menjadi identik dalam perayaan Paskah? Simak penjelasan berikut ini.

Telur memiliki makna simbolis yang mendalam saat Hari Raya Paskah. Telur melambangkan kehidupan baru, kebangkitan dan kesuburan. Selaras dengan makna dasar Paskah itu sendiri, yakni kebangkitan Yesus. Telur juga melambangkan pembebasan dari dosa dan kelahiran spiritual yang baru.

BACA JUGA:Ramadan Seru! Fenomena War Takjil Viral, Dibalas Borong Telur Paskah

Asal Mula Telur Paskah


HAPPY Easter! Ini makna dan alasan perayaan Paskah identik dengan telur.-The Spruce Eats-

Sejarah penggunaan telur dalam perayaan Paskah bermula dari tradisi Paskah Yahudi. Ketika telur telah menjadi bagian dari hidangan paskah tradisional. Kemudian, dalam tradisi Kristen, telur menjadi simbol yang diadopsi dari tradisi Yahudi untuk merayakan kebangkitan Kristus.

Praktik menghias telur Paskah juga merujuk pada tradisi kuno yang bermula sejak abad ke-13. Pada masa itu, selama periode pra-Paskah, umat Kristiani diharuskan berpuasa, termasuk dilarang mengonsumsi telur. Sebagai gantinya, mereka mulai menghias telur sebagai simbol penyucian dan persiapan menjelang perayaan Paskah.

BACA JUGA:5 Film Tentang Yesus Kristus untuk Memperingati Jumat Agung dan Paskah

Melalui seni menghias telur, umat Kristiani mengekspresikan harapan akan pemurnian jiwa dan penebusan dosa. Proses menghias telur ini juga menjadi simbol dari perjalanan spiritual yang dilakukan selama masa pra-Paskah.

Telur-telur yang dihias ini kemudian akan disimpan dan dimakan pada Hari Paskah. Sebagai tanda sukacita dan pembebasan setelah melewati masa penuh kesederhanaan dan refleksi.


HAPPY Easter! Ini makna dan alasan perayaan Paskah identik dengan telur. Foto: Telur hias buatan perempuan dan anak-anak Ukraina untuk mendukung tentara yang sedang melawan Rusia di perbatasan.-Alice Hackman-AFP

Dengan demikian, tradisi menghias telur Paskah menjadi bagian penting dalam perayaan agama Kristen. Tidak hanya sebagai aktivitas artistik, tetapi juga sebagai simbol yang memperdalam makna spiritual dari perayaan Paskah itu sendiri.

BACA JUGA:Menag Ucapkan Selamat Tri Hari Suci Paskah, Lebih Istimewa Setelah Nama Isa Almasih Diubah Menjadi Yesus Kristus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber