Ramadan Seru! Fenomena War Takjil Viral, Dibalas Borong Telur Paskah

Ramadan Seru! Fenomena War Takjil Viral, Dibalas Borong Telur Paskah

Bazar Takjil Ramadan di Alun-alun Bangkalan tampak padat oleh para pengunjung, Senin 18 Maret 2024.-Moch Sahirol-Harian Disway

HARIAN DISWAY - Ada yang berbeda antara Ramadan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, bulan puasa yang penuh berkah diramaikan oleh fenomena lucu. Yakni, war takjil.

Ada yang sudah jadi "korban"?

Ya, "war" alias perang yang dimaksud adalah persaingan berburu takjil di pusat-pusat bazaar Ramadan. Takjil, yang identik dengan hidangan pembuka saat berbuka puasa, kini tak hanya jadi milik kaum muslim.

Kaum non muslim yang tidak puasa pun ikut seru-seruan membeli takjil di berbagai pusat jajanan. Tak jarang, mereka stand by sejak pukul 15.00 WIB, ketika para penjual baru menggelar dagangan. Alhasil, saat kaum muslim mulai membeli takjil pada pukul 17.00, dagangan sudah habis.

BACA JUGA:Bantu UMKM di Pasar Murah Ramadan, Warga Diminta Beli Takjil Dulu sebelum Tebus Sembako

"Gara-gara nonis (non islam, Red) ikut berburu takjil, jam 5 sore gorengan udah pada abis. Disisain bakwan gundul doang, udah enggak ada tepung kriuknya," keluh seorang pengguna X (dulu Twitter).


Bazar Takjil Ramadan di Alun-alun Bangkalan tampak padat oleh para pengunjung, Senin 18 Maret 2024.-Moch Sahirol-Harian Disway

"Mereka keluar waktu kita lagi koma-komanya," tulis salah satu konten di TikTok, menggambarkan situasi bahwa kalangan non-muslim membeli takjil ketika mereka yang berpuasa sedang tidak ada tenaga untuk mengantre takjil.

"Diam membaca injil, bergerak memborong takjil," lanjut yang lain.

Semua itu dituliskan atau diucapkan dengan nada riang gembira. Tidak ada yang benar-benar marah karena kehabisan takjil. Karena toh takjil bukanlah hidangan utama saat berbuka puasa.

BACA JUGA:Ramadan sudah Dekat! Menu dari Berbagai Negara Ini Bisa Jadi Ide Menyiapkan Takjil

BACA JUGA:1200 Takjil Ditebar Jelang Ultah ke-6 La Lisa Hotel Surabaya

Dengan semangat lucu-lucuan pula, kalangan muslim mulai menebar "ancaman". Karena non muslim memborong takjil, maka yang muslim bakalan "mengganggu" perayaan agama dan umat lain dengan memborong bahan makanan yang biasa digunakan.

"Awas aja ya. Nanti Paskah gantianlah kita borong semua telur. Terserah kalian Paskahan pake telur Kinderjoy," tulis sebuah konten di TikTok. Guyonan itu disambut sangat meriah oleh netizen. Mereka berlomba melancarkan "ancaman" versi mereka sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber