Pimpin Rakor Angkutan Lebaran di Jateng, Menhub Titip Antisipasi Balon Udara dan Kelaikan Bus Pariwisata

Pimpin Rakor Angkutan Lebaran di Jateng, Menhub Titip Antisipasi Balon Udara dan Kelaikan Bus Pariwisata

Menhub Budi Karya Sumadi menitipkan beberapa antisipasi Mudik dalam rakor pelayanan Angleb 2024 di Kantor Polda Jateng Minggu, 31 Maret 2024-Kemenhub-

SEMARANG, HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah, di Kantor Polda Jawa Tengah, SEMARANG, m Pada  hari Minggu, 31 Maret 2024. 

Dalam kesempatan tersebut, pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini menitipkan antisipasi beberapa hal yang berpotensi menjadi persoalan dalam angkutan mudik dan balik di Jawa Tengah. 

Yang pertama adalah soal wisata. Budi menyebut berbagai daerah di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik wisata akan diserbu pengunjung.

BACA JUGA:Penyeberangan Jangkar-Kalianget Diprediksi Padat Selama Mudik, Dirjen Hubla Kemenhub Berikan Beberapa Arahan 

Untuk itulah, layanan bus Pariwisata harus dioptimalkan. “Wisata Dieng, Tawangmangu, Sarangan, Borobudur, pasti semua yang mudik ingin ke sana. Namun bus wisata berisiko tinggi karena banyak yang sudah tua,” kata Budi. 

Ia berharap semua Kapolres membantu melakukan uji kelaikan (ramp check) dan merekomendasikan aturan-aturan terhadap para pengemudi. 

“Jika pada hari H ada bus pariwisata yang melanggar, maka perintahkan balik arah,” ujar Menhub.

Selain kepadatan karena arus wisata, perlu diantisipasi juga pasar tumpah serta potensi kepadatan di rest area. Terutama mulai Gerbang Tol Kalikangkung hingga perbatasan Jawa Barat.

Terkait pasar tumpah, Budi meminta dilakukan mekanisme pengaturan sehingga pemudik dan pedagang dapat terlayani dengan baik. 

“Pasar tumpah harus diantisipasi dari sekarang. Jika perlu beri CSR berupa santunan agar mereka yang tidak berdagang di pasar tumpah tetap bisa berlebaran,” ujar Budi.

BACA JUGA:Bandara Dhoho Kediri Siap Sambut Pemudik, Batik Air dan Super Air Jet Sudah Kantongi Izin Rute

Selain itu, Mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini juga mengingatkan tentang pengaturan pelaksanaan festival balon udara di Wonosobo dan Pekalongan. 

Secara khusus Menhub meminta Kapolres dan Dandim untuk melakukan konsolidasi dengan daerah agar tidak terjadi gangguan aktivitas penerbangan. “Di luar dua titik tersebut, jangan ikut melaksanakan festival balon udara karena balon-balon itu harus dikendalikan," tutur Menhub. 

Budi menyebut angkutan lebaran merupakan salah satu kegiatan strategis yang menentukan ukuran keberhasilan penyelenggaraan sektor transportasi di mata publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: