Bandara Dhoho Kediri Siap Sambut Pemudik, Batik Air dan Super Air Jet Sudah Kantongi Izin Rute

Bandara Dhoho Kediri Siap Sambut Pemudik, Batik Air dan Super Air Jet Sudah Kantongi Izin Rute

Penjabat Gubernur Jatim Adhy Karyono (dua dari kiri) dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kiri) di Bandara Dhoho, Kediri, 30 Maret 2024. -Humas Pemprov Jatim-

KEDIRI, HARIAN DISWAY – Bandara Dhoho Kediri memang belum diresmikan. Masih menunggu waktu dari Presiden Joko Widodo. Namun, bandara yang dibangun oleh perusahaan rokok Gudang Garam itu sudah siap beroperasi. Penerbangan perdana akan dilakukan pada 5 April 2024 atau lima hari sebelum idulfitri

PJ Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyampaikan sudah ada satu maskapai yang mengantongi izin dan siap beroperasi di Bandara Dhoho. Sementara maskapai lainnya masih dalam proses. 

"Satu sudah mendapatkan izin. Nanti kami sampaikan lagi karena saya juga harus menyampaikan ke pusat untuk koordinasi ini cepat beroperasi," Kata Adhy dalam keteranganya, Minggu, 31 Maret 2024.


Penjabat Gubernur Jatim Adhy Karyono meninjau kediapan Bandara Dhoho Kediri menyambut musim mudik Lebaran 2024. -Humas Pemkab Kediri-

Adapun izin penerbangan yang sudah keluar. Antara lain: rute Kediri-Jakarta, Kediri-Makassar, Kediri-Bali, Kediri-Palembang, Kediri-Banjarmasin, dan Kediri-Balikpapan. Bandara Dhoho juga nantinya disiapkan untuk melayani penerbangan haji dan umrah.

Sementara itu, progres kesiapan bandara kebanggaan warga Kediri itu dikatakan Adhy sudah 100 persen siap beroperasi. "Kami berusaha secepatnya dioperasikan. Kalau keinginan kami tanggal mudik 5-6 April 2024, mudah-mudahan," tambahnya.

Namun, masih ada satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Kabupaten Kediri. Yakni menyiapkan moda transportasi jalur darat untuk menghubungkan daerah-daerah sekitar bandara. “Sekarang moda transportasi daratnya yang harus terkoneksi dengan lima kabupaten penghubung bandara,” ungkap eks sekdaprov Jatim itu.

BACA JUGA:Peresmian Bandara Dhoho Kediri Tunggu Jadwal Presiden

BACA JUGA:Panglima TNI Janjikan Ganti Rugi Bagi Warga yang Rumahnya Rusak karena Ledakan Gudang Amunisi

PT Angkasa Pura I memastikan bahwa Bandara Internasional Dhoho Kediri sudah siap melayani penerbangan. "Sudah siap 100 persen dan sudah terbukti kemarin sudah ada tiga pesawat private jet take off landing di sini," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Dhoho Kediri I Nyoman Noer Rohim di Kediri, Sabtu, 30 Maret 2024.

Untuk penerbangan reguler memang masih proses perizinan. Termasuk pengaturan rotasi pesawat bagi maskapai yang telah mendapatkan izin rute. "Untuk maskapai yang telah mendapatkan izin rute yaitu Batik Air dan Super Air Jet. Mereka masih berproses terkait pengaturan pesawat," kata Nyoman.

Saat ini Pemkab Kediri juga mengebut pengerjaan akses tol di dekat bandara. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Chandra mengatakan sebelum jalan tol itu dapat dilalui, akses pendukung menuju bandara yang lebih dulu dikebut pemerintah telah rampung dan dapat dilalui ketika tol belum selesai. Akses jalan tersebut mulai dari Jalan Nganjuk-Kediri, Jalan Tulungagung-Kediri melalui Kecamatan Mojo, Jalan Jawa dan Jalan PB Sudirman. Yang belum selesai adalah Jembatan Jongbiru. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: