Lakukan 5 Tip ini Agar Mudik Anda Nyaman dan Aman!

Lakukan 5 Tip ini Agar Mudik Anda Nyaman dan Aman!

Ini dia beberapa Tip yang wajib Anda lakukan agar mudik lebaran aman dan nyaman. --Freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Bulan Ramadan akan pergi. Tibalah hari raya Idulfitri, hari kemenangan. Riuh kegembiraan menyambut momen berkumpul dengan keluarga. Seperti mudik Lebaran yang sudah jadi tradisi tahunan. 

Menjelang Idulfitri, banyak orang sudah melakukan mudik lebaran atau kembali ke kampung halaman mereka. Tujuannya adalah untuk bertemu dengan orang tua dan sanak saudara di kampung halaman, melepas rindu, merayakan kemenangan, dan saling memaafkan.

Selain itu, tradisi tahunan ini ditandai dengan kemacetan di jalan dan peningkatan harga tiket transportasi umum. Meningkatnya jumlah kendaraan yang keluar dari kota-kota besar dan menuju kota-kota lain di berbagai wilayah menyebabkan kemacetan di jalan.

amun, hal itu tidak mengurangi semangat sebagian besar orang Indonesia untuk mudik lebaran. Mereka tetap pulang ke rumah untuk bertemu dengan keluarga.

BACA JUGA:Mau Solo Travelling yang Aman dan Nyaman? Lakukan Kiat Ini!

Persiapan mudik Idulfitri biasanya dilakukan oleh banyak orang dari jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba. Namun sayangnya, tak sedikit pula orang yang kurang persiapan sehingga memaksakan diri untuk mudik lebaran saat kondisi kurang prima.

Akibatnya, perjalanan mudik yang ditempuh jadi kurang nyaman dan bisa meningkatkan risiko berbahaya. 

Supaya mencegah hal-hal seperti itu terjadi, ada baiknya Anda mempersiapkan mudik lebaran dengan matang agar perjalanan lebih nyaman dan aman. Untuk itu, berikut adalah beberapa tip persiapan mudik lebaran yang perlu Anda lakukan:

1. Cek Tempat Tinggal atau Rumah Sebelum Ditinggal Mudik

Salah satu tip paling dasar untuk mudik aman dan nyaman adalah memastikan bahwa rumah Anda dalam keadaan benar-benar "aman" untuk jangka waktu yang cukup lama. 

Mulai dengan mencabut semua kabel listrik, regulator gas, dan aliran air, serta mengunci pintu, jendela, dan pagar rumah.

Untuk memaksimalkan tip mudik aman ini, beritahu tetangga yang tidak mudik, ketua RT, dan petugas keamanan kompleks bahwa rumah Anda akan berada dalam keadaan kosong sehingga mereka dapat membantu menjaga rumah Anda.

2. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat Sebelum Mulai Perjalanan Mudik

Salah satu cara terbaik untuk mudik dengan aman dan nyaman adalah dengan menjaga tubuh Anda dalam kondisi fit sebelum mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: