Kunker ke Tiongkok, Menhan Prabowo Dijadwalkan Bertemu Dengan Presiden Xi Jinping

Kunker ke Tiongkok, Menhan Prabowo Dijadwalkan Bertemu Dengan Presiden Xi Jinping

Prabowo saat tiba di Beijing didampingi oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Sun Weidong-Kemenhan RI-

HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto lakukan kunjungan ke Beijing untuk memenuhi undangan dari Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menjelaskan bahwa kunjungan Menhan ke Tiongkok bertujuan untuk menguatkan kerja sama dua negara terutama dalam bidang pertahanan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian saat konferensi pers pada Jumat, 29 Maret 2024 mengatakan bahwa kunjungan Prabowo dilakukan atas undangan langsung dari Presiden Xi Jinping.

BACA JUGA:Menhan Prabowo Tiba di Beijing, Disambut Hangat oleh Pejabat Tinggi Tiongkok

“Kunjungan tersebut merupakan peluang besar untuk terus meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik guna memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama," kata Lin.

Prabowo diagendakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping pada Senin, 1 April 2024 sore hari waktu setempat.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo bersama dengan Presiden Xi Jinping berencana untuk berdiskusi membahas terkait kerjasama Indonesia dan Tiongkok di bidang pertahanan dan keamanan negara.

BACA JUGA:Mungkinkah Pemungutan Suara Ulang Pilpres Tanpa Prabowo-Gibran?

Setelah pertemuan tersebut, Prabowo juga diagendakan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Li Qiang pada Selasa, 2 April 2024. Mereka akan saling bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan masalah-masalah yang penting bagi kedua belah pihak.

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping telah mengirimkan surat ucapan selamat atas kemenangan Prabowo sebagai calon presiden terpilih pada 20 Maret 2024. 

Dalam surat tersebut, Xi Jinping mengaku ingin bekerjasama untuk meningkatkan pembangunan bersama serta menjaga stabilitas regional.

“Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan komunitas masyarakat Indonesia-Tiongkok semakin maju, sekaligus menjadikan ini sebagai contoh negara berkembang bekerja sama untuk tujuan pembangunan bersama, yang bermanfaat bagi rakyat dua negara, dan turut berkontribusi terhadap kesejahteraan juga stabilitas di kawasan dan dunia,” kata Presiden Xi melalui suratnya ke Prabowo. (Rifa Zahra Fadhila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: