Hasto Beri Sinyal PDIP Usung Khofifah dalam Pilgub Jatim 2024

Hasto Beri Sinyal PDIP Usung Khofifah dalam Pilgub Jatim 2024

Pertemuan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Khofifah Indar Parawansa di rumah dinas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dua tahun lalu, 2022. -DPD PDIP Jatim-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP sedang melirik petahana Khofifah Indar Parawansa pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Hal itu diakui langsung oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

"Komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik. Termasuk di Jawa Timur berkomunikasi dengan Mbak Khofifah. Bagaimanapun beliau seorang (mantan) gubernur Jawa Timur," ucap Hasto di kawasan Menteng Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Menurut Hasto, partainya telah melakukan pemetaan secara menyeluruh untuk menghadapi Pilgub 2024. Tak hanya di Jatim, PDIP juga melakukan pemetaan terhadap calon kepala daerah potensial di seluruh wilayah Indonesia. "Jatim, Jateng, Bali, dan seluruh wilayah Indonesia kami lakukan pemetaan," imbuhnya.

BACA JUGA:Dua Kali Bertemu Khofifah,PKS Buka Peluang Dukung Semua Calon Pilgub Jatim

BACA JUGA:Jadi Calon Gubernur Jatim Terkuat versi ARCI, Khofifah Siap Lanjutkan Cettar Jilid Dua


Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.-DPP PDIP-

Di sisi lain, Hasto juga menanggapi peluang PDIP berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Khofifah di Pilgub Jatim. Menurutnya, kerja sama politik dengan partai politik lain dalam kontestasi Pilkada adalah hal yang lumrah. Apalagi, dinamika politik dalam gelaran Pemilu di tingkat nasional dan tingkat daerah itu berbeda. 

Maka dari itu, komunikasi politik dengan seluruh parpol harus terus digulirkan untuk mendapat pemimpin terbaik. "Karena pilkada itu perspektifnya lebih ke lokal. Sehingga kerja sama memang dimungkinkan dengan Gerindra, Golkar, PPP, Perindo, Hanura, karena jangan lupa PPP, Perindo, Hanura banyak kursi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota," ungkapnya.

BACA JUGA:PDIP Rayu Khofifah, Said Abdullah: Kami Sudah Komunikasi dengan Gerindra dan PAN

BACA JUGA:Khofifah, Muhaimin, Risma Bersaing di Pilgub Jatim 2024

Sehari sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jawa Timur Said Abdullah blak-blakan terkait Pilgub Jatim 2024. Ia menyebut partainya akan bersikap realistis mengingat PDIP saat ini hanya punya 21 kursi di DPRD Jatim. PDIP tidak memenuhi syarat 20% untuk menjadi partai pengusung tunggal. "PDIP lagi merayu Mbak Khofifah," ucap Said di Kantor PDIP Jatim di Surabaya, Minggu, 31 Maret 2024.


Khofifah Indar Parawansa masih yang terkuat dalam bursa Pilgub Jatim 2024 berdasarkan survei terbaru ARCI. -KIP Center-

Kendati demikian, peraih suara terbanyak di Pileg DPR 2024 itu mengatakan proses komunikasi yang dilakukan belum dalam koridor saling dukung mendukung. Melainkan masih penjajakan, sejauh mana pandangan Khofifah terhadap PDIP. "Begitu juga sebaliknya, PDIP mengajak Mbak Khofifah seperti apa yang beliau mau dalam lima tahun ke depan," tandas Said.

BACA JUGA:Ratusan Relawan Tapal Kuda Nyatakan Dukungan Pada Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: