Elnusa Petrofin dan Pertamina Patra Niaga Bersinergi Amankan Ketahanan Energi Sealama Idulfitri

Elnusa Petrofin dan Pertamina Patra Niaga Bersinergi Amankan Ketahanan Energi Sealama Idulfitri

Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) siap siaga 24 jam setiap hari.--

Untuk memastikan pendistribusian BBM/BBK berjalan lancar dan aman, Satgas dan Tim Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) siap siaga 24 jam setiap hari. Mereka juga memantau perilaku AMT selama di perjalanan secara real-time.

Tim PKDA tersebar di 6 daerah wilayah operasi. Yakni Medan (Region Sumbagut), Palembang (Region Sumbagsel), Surabaya (Region Jabalinus), Balikpapan (Region Kalimantan), Makassar (Region Sulawesi), dan Jayapura (Region Maluku Papua).

Sebagai pelengkap keamanan, MT dipasang CCTV berteknologi kecerdasan buatan (AI) dan GPS Two Ways Communication yang dapat mendeteksi fatigue face dan unsafe condition saat AMT bertugas.

Tim PKDA dapat segera mengintervensi ketika terjadi pelanggaran dalam perilaku mengemudi oleh AMT, dengan melakukan kontak langsung melalui GPS Two Ways Communication.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Marketing PT Elnusa Petrofin Bapak Ferdiansyah menyampaikan bahwa persiapan timnya sudah maksimal.

“Semua demi mewujudkan komitmen kami dalam mensupport Pertamina Patra Niaga untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat selama periode Ramadan–Idulfitri 2024,” tegasnya.

Selain menjaga distribusi BBM tetap lancar, Elnusa Petrofin juga memastikan menjaga kestabilan dan ketersediaan LPG di wilayah unit operasi Depot LPG Amurang.

Khususnya di area distribusi Minahasa Selatan, Manado, Gorontalo dan Wilayah Unit Operasi SPBE dan SPPBE PT Elnusa Petrofin seperti di Bima Nusa Tenggara Barat, Semper Jakarta Utara, dan Gunungsitoli Nias Sumatera Utara.

BACA JUGA: Pastikan BBM Aman, Polresta Sidoarjo Cek SPBU

Ferdiansyah menambahkan bahwa selain kesiapan yang telah dipaparkan, Elnusa Petrofin memastikan seluruh pihak yang terlibat menjalankan tugas dengan kaidah HSSE yang berlaku.

Karena HSSE merupakan prioritas utama, agar seluruh operasional dapat berjalan dengan baik. Serta personil yang menjalankan tugas pun bisa menjaga kesehatan.

Karena itu, dilakukan pengecekan kesehatan dan keselamatan seluruh personil yang bertugas. Baik daily fit to work, medical check up, dan pemberian vitamin agar pihak yang bertugas tetap fit.

“Kami melakukan koordinasi secara internal baik di lingkup Elnusa Petrofin maupun di lingkup Pertamina Group. Selain itu, kami juga melibatkan pihak eksternal termasuk aparat guna mendukung kelancaran operasional pendistribusian energi,” tambah Ferdiansyah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: