Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri

Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri

Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri. GEDUNG URANUS yang miring di Kota Hualien ini menjadi penanda kuatnya gempa di Taiwan, Rabu, 3 April 2024.-CNA VIA AFP-

TAIPEI, HARIAN DISWAY – Tak heran jika gempa di Taiwan, Rabu, 3 April 2024, begitu kuat. Episentrumnya dekat dengan darat. Dangkal pula. Akibatnya, guncangan pun begitu kuat. Sampai 7,4 magnitudo. Itulah gempa terkuat yang mengguncang negara pulau tersebut dalam seperempat abad terakhir.

Gempa terkuat Taiwan sebelum ini terjadi pada September 1999. Kekuatannya mencapai 7,6 magnitudo. Korbannya banyak. Hingga 2.400 orang. Sampai-sampai peristiwa itu dicatat sebagai bencana alam paling mematikan dalam sejarah negeri itu.

Gempa kemarin terjadi pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB). Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat bahwa pusat gempa ada di 18 kilometer sebelah selatan Kota Hualien. Kedalamannya 34,8 kilometer.

’’Gempanya sangat dekat dengan daratan dan dangkal. Sampai bisa dirasakan di seluruh pulau. Juga di negara lain,’’ ucap Wu Chien-fu, Direktur Pusat Seismologi pada Badan Cuaca Nasional Taiwan.

BACA JUGA : Gempa Taiwan M 7,4 Tidak Berdampak Tsunami di Indonesia, BMKG: Minta Masyarakat Tenang

Yang harus diapresiasi adalah kesiapan infrastruktur Taiwan dalam menghadapi gempa. Hingga Rabu malam, 3 April 2024, korban tewas tercatat sembilan orang. Plus 900 lainnya luka-luka.

Kesiapan infrastruktur Taiwan dalam menghadapi gempa memang banyak dipuji. Meski berkekuatan besar, gempa pada Rabu, 3 April 2024 itu tidak banyak menewaskan orang. Meski begitu, kengerian warga tetap tak terbendung.

’’Kami sangat beruntung,’’ ucap seorang perempuan bernama Chang, warga New Taipei City, kota di ujung utara Taiwan.

Betapa tidak. Chang tinggal di sebelah gedung percetakan. Gedung berumur 60 tahun itu runtuh dan menimpa bangunan-bangunan di sampingnya. Menjadi seperti roti lapis. Tetapi, 50 orang di dalamnya selamat.


Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri. Regu penyelamat berjuang mencari korban selamat di Kota Hualien, Taiwan.-CNA VIA AFP-

Ajaib. Semua bisa dikeluarkan oleh regu penyelamat. Meskipun mereka harus berjibaku di antara tembok yang jatuh, batu bata berserakan, dan besi-besi yang berserabutan.

’’Rasanya seperti gunung yang runtuh,’’ kata Liu, tetangga Chang. Maklum, gempa itu dirasakan di seluruh penjuru negara. Dengan lebih dari 100 gempa susulan yang terjadi sepanjang hari. Dan otoritas setempat mengingatkan bahwa gempa susulan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Dan sejatinya, ’’gunung runtuh’’ itulah yang mencabut nyawa sembilan warga Taiwan kemarin.


Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri. Ini adalah peninjauan reruntuhan di Kota Hualien oleh Presiden terpilih Taiwan Lai Ching-te (tiga dari kanan), 3 April 2024.-CNA VIA AFP-

Tiga di antara korban tewas adalah orang-orang yang sedang bersepeda di kawasan perbukitan di Hualien. Mereka tertimpa reruntuhan batu. Lalu ada satu orang lagi yang tewas saat bekerja di sebuah pertambangan.

Di tempat terpisah, ada satu sopir truk dan satu pengemudi mobil yang juga tewas tertimpa reruntuhan bukit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: