Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri

Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri

Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri. GEDUNG URANUS yang miring di Kota Hualien ini menjadi penanda kuatnya gempa di Taiwan, Rabu, 3 April 2024.-CNA VIA AFP-

Di media sosial ramai beredar foto dan video bencana di seluruh negeri. Mulai gedung yang bergoyang hingga bangunan yang runtuh. ’’Gedung-gedung bergoyang seperti menggila. Lukisan, TV, sampai rak minuman saya berjatuhan,’’ kata seorang warga Hualien yang diwawancarai SET TV.

Gempa di Taiwan itu dipicu oleh pergerakan salah satu lempeng bumi paling aktif. Getarannya sampai memicu peringatan dini tsunami. Dan untungnya, tsunami akhirnya tidak terjadi.


Gempa Terkuat Taiwan dalam 25 Tahun, Bikin Warga Ngeri. TERTEGUN, warga Taipei ini memandangi rumahnya yang porak poranda karena gempa, 3 April 2024.-CNA VIA AFP-

Kesiapan Taiwan menghadapi gempa memang dimaklumi. Negeri tersebut terletak pada persimpangan dua lempeng tektonik.

Karena itu, bangunan-bangunan tinggi pasti dibangun tahan gempa. Walaupun, warga masih memilih tinggal di gedung yang tingginya tidak sampai 10 lantai.

Yang jelas, kekuatan gempa kemarin begitu menakutkan. Termasuk Chang yang mengalami gempa pada 1999 yang menewaskan 2.400 orang itu. ’’Saat gempa dulu, sebagian besar orang masih tidur. Tapi kebetulan saya sedang bangun. Pokoknya mengerikan. Jauh lebih mengerikan daripada gempa sekarang,’’ ucap Chang.

Yang juga mengerikan, gempa kemarin bertahan cukup lama. ’’Saya sebenarnya sudah biasa mengalami gempa. Tapi, ini untuk kali pertama saya sangat takut. Sampai gemetar seluruh badan,’’ kata seorang perempuan lewat Facebook. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: