IDF Akui Tak Bermaksud Lakukan Serangan Kepada Para Relawan WCK

IDF Akui Tak Bermaksud Lakukan Serangan Kepada Para Relawan WCK

Kepala Staf Umum IDF Letnan Jenderal Herzi Halevi menyampaikan rasa duka cita serta penjelasan mengenai insiden tragis tersebut dari sudut pandang IDF.--tangkapan layar akun X @IDF

HARIAN DISWAY - Israel Defense Forces (IDF) kembali mengeluarkan pernyataan terkait insiden yang menimpa tujuh relawan World Central Kitchen (WCK), Rabu, 3 April 2024.

Kepala Staf Umum IDF Letnan Jenderal Herzi Halevi menyampaikan rasa duka cita serta penjelasan mengenai insiden tragis tersebut dari sudut pandang IDF.

“Saya ingin menjadi sangat jelas – penyerangan itu tidak dilakukan dengan maksud membahayakan pekerja kemanusiaan WCK,” ucap Halevi.

Selanjutnya Halevi menerangkan bahwa penyerangan yang sebelumnya terjadi merupakan suatu kesalahan yang seharusnya tidak terjadi. Halevi menyampaikan kejadian tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. 

"Itu adalah sebuah kekeliruan yang diikuti oleh kesalahan identifikasi pada malam hari, selama perang, dalam kondisi yang sangat kompleks," kata Halevi.

BACA JUGA:Konflik Gaza Tak Kunjung Mereda Pascagencatan Senjata, Berikut Alasannya!

BACA JUGA:PM Spanyol Desak Penyelidikan Kematian 7 Relawan WCK, Israel Janjikan Transparansi Kasus

Dihari yang sama, Halevi juga mengunjungi Pusat Komando Kemanusiaan yang didirikan pada hari itu guna meningkatkan koordinasi distribusi bantuan di wilayah Gaza

Halevi menyatakan pihaknya akan terus memaksimalkan upaya untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja bantuan kemanusiaan.

“Kejadian ini adalah kesalahan besar. Israel berperang dengan Hamas, bukan dengan rakyat Gaza,” lanjut Halevi.

Lebih lanjut Halevi menyampaikan permintaan maaf kepada pihak pihak yang dirugikan, serta menekankan komitmen untuk menyelidiki insiden secara menyeluruh dan transparan.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diberikan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), tragedi penyerangan ini menimbulkan kekhawatiran bagi para pekerja kemanusiaan yang berada di wilayah Gaza.

BACA JUGA:Benjamin Netanyahu Akan Jalani Operasi Hernia, Absen Sementara Pimpin Perang di Gaza

BACA JUGA:Tindakan Tentaranya Tewaskan 7 Relawan WCK, IDF Sampaikan Belasungkawa dan Janjikan Investigasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: