Mengunjungi Bandara Dhoho Kediri, Bandara Indah dan Megah yang Sarat Rekor

Mengunjungi Bandara Dhoho Kediri, Bandara Indah dan Megah yang Sarat Rekor

Mengunjungi Bandara Dhoho Kediri, Bandara Indah dan Megah yang Sarat Rekor. Pesawat Citilink QG 752 disambut water salute di Bandara Dhoho Kediri.-Boy Slamet-Harian Disway-

Tak ada yang menyangka. Bandara Dhoho Kediri yang dulu tampak mustahil bagi warga Kediri rupanya sudah mulai beroperasi, Jumat, 5 April 2024 kemarin. Hal itu bahkan diakui Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Ia masih tak percaya ada bandara yang berdiri gagah di bumi Kediri.

"SAYA bangga. Mungkin 20 atau 30 tahun yang lalu membuka bandara di Kediri masih berupa mimpi. Tapi, hari ini mimpi itu menjadi nyata," ucap Hanindhito dalam sambutan acara penerbangan perdana Kediri-Jakarta di Bandara Dhoho, Jumat, 5 April 2024.

Bandara yang berlokasi di Desa Sawah, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, itu bahkan jauh dari permukiman warga. Anda harus menempuh jarak 31 kilometer dari gapura selamat datang Kabupaten Kediri menuju ke Bandara Dhoho. Butuh waktu tempuh kurang lebih 47 menit.

BACA JUGA : Resmi Beroperasi, Bupati Kediri Harapkan Bandara Dhoho Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Justru itulah pesona dari Bandara Dhoho. Berada di kawasan Gunung Wilis, membuat bandara itu semakin tampak megah dengan suguhan panorama alam asri yang mengelilinginya.

Tak kalah menarik, Bandara Dhoho diklaim menjadi satu-satunya bandara yang dibangun tanpa APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Sebagai informasi. Bandara Dhoho dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Pembangunan dilakukan oleh anak perusahaan PT Gudang Garam, yaitu PT Surya Dhoho Investama (SDhI). Mereka rela kucurkan dana hingga Rp 13 triliun demi mewujudkan impian menjadi kenyataan (lihat grafis).


Grafis fakta-fakta Bandara Internasional Dhoho Kediri--

Kini, Bandara Dhoho Kediri sudah berdiri gagah, mewah, dan modern. Tetapi tak kehilangan sentuhan tradisional. Saat memasuki area bandara, Anda akan disambut  gapura berbentuk candi yang persis berdiri di depan bangunan bandara.

Tak jauh dari area parkir, Anda juga dapat melihat megahnya desain bangunan bandara dengan atap bagian tengah yang dibuat berlubang.


Mengunjungi Bandara Dhoho Kediri, Bandara Indah dan Megah yang Sarat Rekor. Tampak lubang di bagian tengah-tengah bandara yang membuat nuansa semakin estetis.-Boy Slamet-Harian Disway-

Di bagian tengah bangunan, terdapat taman yang menjadi tempat favorit penumpang. Entah sekadar bersenda gurau sembari menunggu boarding, juga bisa menjadi tempat untuk mengistirahatkan badan sejenak.

Kemudian di tengah taman itu, terdapat miniatur sebuah candi yang sungguh menarik mata. Itu adalah Candi Penataran yang diyakini merupakan peninggalan Kerajaan Kediri

Candi Penataran terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tak sampai di situ, miniatur candi Penataran bukan satu-satunya ornamen budaya yang ada di Bandara Dhoho.

Masih banyak ornamen lain seperti mural dan relief yang seakan bercerita tentang kemegahan era Kerajaan Kediri di masa lampau. 

BACA JUGA : Bandara Dhoho Kediri Resmi Beroperasi, Pesawat Citilink Tiba Tepat Waktu

Kristy Ailen, salah seorang calon penumpang pesawat, mengekspresikan kekagumannya. Ia memberi jempol atas desain bangunan Bandara Dhoho yang menurutnya nyentrik dan ikonik. Kristy hendak berlibur ke Jakarta bersama sang ibunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: