Resmi Beroperasi, Bupati Kediri Harapkan Bandara Dhoho Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Resmi Beroperasi, Bupati Kediri Harapkan Bandara Dhoho Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Suasana Penumpang yang sedang boarding tiket pesawat Citilink tujuan Jakarta, Jumat, 5 April 2024.-Boy Slamet -

KEDIRI, HARIAN DISWAY - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) KEDIRI sedang berbahagia. Bandara Dhoho yang telah dinanti-nanti akhirnya mulai beroperasi, dengan penerbangan perdananya Citilink rute Jakarta-KEDIRI-Jakarta, Jumat, 5 April 2024.

"Alhamdulillah Bandara Dhoho yang diprakarsai oleh PT Surya Dhoho Investama (SDhI, anak perusahaan Gudang Garam), hari ini sudah resmi beroperasi," ungkap Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kepada awak media di Kediri, Jumat, 5 April 2024.

Dhito mengatakan setelah libur Lebaran 2024, bandara Dhoho akan dibuka dua kali dalam seminggu. Yakni hari Selasa dan Rabu. Meski begitu, Ia berharap bandara tersebut bisa buka setiap hari.

BACA JUGA: Bandara Dhoho Kediri Resmi Beroperasi, Pesawat Citilink Tiba Tepat Waktu

"Maskapai maskapai yang lainnya, jangan sampai menyesal kalau nanti tidak buka rute dari Bandara (Dhoho) Kediri," imbuh pria asal Yogyakarta itu.

Tak muluk-muluk. Dhito berharap kehadiran Bandara Dhoho Kediri bisa membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kediri meningkat. Pihaknya juga berjanji akan berupaya meningkatkan moda transportasi darat dari dan menuju bandara.

"Hari ini sudah ada kesepakatan dengan PO Harapan Jaya dan Damri terkait moda transportasi darat. Sebenarnya banyak yang mau, tetapi kita ingin moda transportasi darat bisa dikelola dengan baik," ungkapnya.


Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat memberikan sambutan di seremonial penerbangan perdana di Bandara Dhoho Kediri, Jumat, 5 April 2024.-Boy Slamet -

BACA JUGA: Buka Bersama dengan 500 Tukang Becak Surabaya, Polrestabes Surabaya Imbau Jaga Ketertiban Kota Pahlawan

Selain pertumbuhan ekonomi, ada tiga faktor yang menjadi fokus Pemkab Kediri. Pertama, memperbaiki infrastruktur yang mendukung operasional bandara, seperti pembangunan jalan tol dan jalan non tol.

Kedua, berupaya untuk mengembangkan ekonomi lokal. Utamanya di sektor pariwisata seiring meningkatnya konektivitas dan aksesibilitas antar daerah.

"Kemudian bagaimana juga engagement bandara ini betul betul bisa mencakupi 12 kabupaten/kota. Saling bersinergi dan pihak pengelola bandara ini menyongsong infrastruktur Jawa Timur lebih baik," tandas politikus PDIP.

BACA JUGA: Peresmian Bandara Dhoho Kediri Tunggu Jadwal Presiden

Sebagai informasi, pesawat Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG 752 berhasil melakukan pendaratan mulus di Bandara Dhoho Kediri. Pesawat yang membawa 178 penumpang itu tiba tepat pukul 09.40 WIB, sesuai jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: