Surabaya Menuju Ekonomi Hijau

Surabaya Menuju Ekonomi Hijau

ILUSTRASI Surabaya menuju ekonomi hijau.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Namun, perkembangan sekarang tidak sekadar meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tapi juga bagaimana mendorong perputaran ekonomi (circular economy). 

Kunci pertumbuhan ekonomi ke depan adalah green investment maupun green financing, baik itu dilakukan dengan penerbitan obligasi hijau maupun investasi untuk energi yang lebih efisien, energi terbarukan (renewable energy), dan perdagangan karbon.  

Aspek kedua yang penting di dalam mendorong perputaran ekonomi adalah green skills, green jobs, dan green innovations. Artinya, kita harus mulai menyiapkan keahlian-keahlian baru yang mendukung tercapainya circular economy.

Untuk itu, Kota Surabaya harus mulai menyiapkan diri dengan dukungan kebijakan yang kuat, yaitu dalam bentuk kebijakan yang jelas dan konsisten. Kebijakan yang jelas dan konsisten untuk jangka panjang sangat penting karena kebijakan publik, baik ekonomi maupun investasi, memerlukan konsistensi. 

Kalau kebijakan ekonomi itu tidak konsisten, kepercayaan investor akan rusak. Kepercayaan adalah fondasi untuk kebijakan publik agar berhasil. Mari bergotong royang menjadikan Surabaya sebagai kiblat ekonomi hijau. (*)

 


Abdul Mongid, guru besar pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya--

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: