Tradisi Mudik Gairahkan Dinamika Ekonomi Masyarakat

Tradisi Mudik Gairahkan Dinamika Ekonomi Masyarakat

ILUSTRASI tradisi mudik bisa menggairahkan dinamika perekonomian masyarakat. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Orang-orang membersihkan rumah dan memasang hiasan lampu. Juga, membagikan berbagi permen dan makanan penutup kepada tetangga, teman, dan kerabat. Anak-anak  menerima hadiah uang dan mengenakan baju baru selama Idulfitri. 

Di Malaysia, Idulfitri disebut Hari Raya Aidilfitri. Perayaan di Malaysia berupa membuat acara ramah tamah dan open house,  mengundang teman dan keluarga ke rumah untuk berbagi makanan. 

BACA JUGA: 6 Tips Hemat Bahan Bakar Mudik Saat Lebaran

Mereka juga membersihkan rumah, menghiasi dengan lampu dan bunga, serta berdandan dengan pakaian baru. Melakukan doa-doa khusus di masjid-masjid dan memberi orang miskin dan membutuhkan melalui tindakan amal. Perayaan di Mesir dengan doa khusus, pertemuan keluarga dan pesta. 

Salah satu tradisi unik di Mesir adalah kue ”kahk”, yaitu kue khusus tradisional yang disiapkan dan dibagikan selama Idulfitri. Orang Mesir juga menghiasi rumah dan jalan mereka dengan lampu warna-warni, lentera, dan dekorasi. 

Perayaan Idulfitri di India dengan beragam budaya dan tradisi unik di berbagai wilayah negara. Muslim di India berdoa di masjid. Keluarga berkumpul untuk berbagi makanan dan bertukar hadiah. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Perjalanan Jauh Untuk Mudik Lebaran Agar Selamat Sampai Tujuan

Salah satu tradisi populer saat Idulfitri di India adalah menyiapkan dan berbagi hidangan manis yang disebut ”sheer kurma”,  mengunjungi tetangga dan teman nonmuslim untuk berbagi kegembiraan Idulfitri

Itu contoh beberapa negara yang penduduknya memeluk agama Islam untuk merayakan Idulfitri.

Demikian pula di Indonesia yang mayoritas muslim, Idulfitri dirayakan dengan sukacita. Masyarakat membayar zakat fitrah dan takbiran bersama. Paginya, dilaksanakan salat Id di masjid atau di lapangan terbuka, berkumpul dengan kerabat dengan menyajikan berbagai hidangan, memberikan hadiah, dan lain-lain. 

Berbagai elemen bangsa (swasta, pemerintah) ikut mendukung terlaksananya perayaan Idulfitri. Menjelang Idulfitri, pemerintah menyiapkan berbagai infrastruktur agar warga masyarakat mendapatkan kenyamanan dalam merayakan hari raya dan mudik.

BACA JUGA: 5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mobilitas penduduknya cukup tinggi sehingga penduduk suatu daerah ada di hampir seluruh wilayah di tanah air. Program transmigrasi dari Jawa  ke luar Jawa, peluang kerja yang terbuka bagi seluruh warga bangsa, menjadikan penduduk tinggal di luar kampung halamannya.  

Program perpindahan penduduk dari Jawa ke luar Jawa sudah dilakukan sejak zaman pemerintah Belanda. Pada zaman pemerintahan Soeharto, program transmigrasi dilakukan secara intensif.  

Pemerintah memindahkan penduduk Jawa yang sudah padat dan lahan pertanian yang makin sempit. Demikian pula, saat ini kesempatan penduduk  bekerja di luar negeri sangat terbuka  baik di sektor formal maupun nonformal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: