Bacaan Doa Perjalanan Jauh Untuk Mudik Lebaran Agar Selamat Sampai Tujuan

Bacaan Doa Perjalanan Jauh Untuk Mudik Lebaran Agar Selamat Sampai Tujuan

Bacaan doa perjalanan jauh untuk mudik Lebaran agar selamat sampai tujuan. --ilustrasi

HARIAN DISWAY – Memasuki musim mudik, para perantau biasanya akan melakukan perjalanan jauh untuk pulang ke kampung halamannya. Mereka menantikan kebersamaan dengan keluarga dan kerabat di hari raya Idulfitri. Namun, dalam setiap langkah yang diambil, disarankan untuk membaca doa perjalanan jauh sebagai bentuk memohon keselamatan dari Allah SWT.

Doa sebelum memulai perjalanan, terutama ketika kita akan menempuh jarak yang jauh seperti saat mudik, merupakan langkah yang sangat penting. Dalam doa ini, seseorang memohon perlindungan dan bimbingan dari Allah SWT selama dalam perjalanan.

Selain itu, berdoa juga membawa berkah serta rahmat dalam perjalanan yang dilakukan. Hal ini menghasilkan keselamatan tidak hanya secara fisik namun juga mendatangkan pahala yang besar di setiap langkahnya.

Membaca doa perjalanan jauh juga didorong oleh contoh yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW. Beliau selalu mengucapkan doa sebelum memulai perjalanan, menegaskan pentingnya memohon perlindungan dan petunjuk dari Allah SWT dalam setiap langkah perjalanan yang dilakukan. Berikut bacaan doa yang bisa diamalkan saat hendak bepergian mudik atau melakukan perjalanan jauh.

BACA JUGA:5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik

1. Doa sebelum menempuh perjalanan jauh, saat hendak menaiki kendaraan

اللهُأَكْبَرُاللَّهُأَكْبَرُاللَّهُأَكْبَرُسُبْحَانَالَّذِيسَخَّرَلَنَاهَذَاوَمَاكُنَّالهُمُقْرِنِينَوَإِنَّاإِلَىرَبَّنَالَمُنْقَلِبُونَ

اللَّهُمَّإِنَّانَسْأَلُكَفِيسَفَرِنَاهَذَاالْبِرَّوَالتَّقْوَىوَمِنَالْعَمَلِمَاتَرْضَىاللَّهُمَّهَوَنْعَلَيْنَاسَفَرَنَاهَذَاوَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ.

اللَّهُمَّأَنْتَالصَّاحِبُفِيالسَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِيالْأَهْلِاللَّهُمَّإِنِّيأَعُوْذُبِكَمِنْوَعْثَاءِالسَّفَرِوَكَابَةِالْمَنْظَرِوَسُوْءِالْمُنْقَلَبِفِيالْمَالِوَالْأَهْلِ

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa Rabbinaa lamun-qalibuun.

Allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal-birra wat-taqwaa, wa minal-'amali maa tardhaa. Allaahumma hawwin 'alaynaa safaranaa hadzaa wathwi 'annaa bu'dahu.

Allaahumma antash-shaahibu fis-safari, wal-khaliifatu fil-ahli, Allaahumma innii a'uudzubika min wa'tsaa-is-safari, wa kaabatil-man-zhari, wa suu-'il-munqalabi fil-maali wal-ahli.

Artinya: "Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. Mahasuci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedang sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridhakan-Mu. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami.

Ya Allah, Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga (yang ditinggal). Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang buruk dalam harta dan keluarga". (HR Muslim).

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Prigen yang Cocok Dikunjungi Saat Mudik Lebaran ke Jatim

2. Doa dalam perjalanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: