Tak Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Link Live Streaming Gerhana Matahari Total yang Datang 8 April

Tak Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Link Live Streaming Gerhana Matahari Total yang Datang 8 April

Gerhana matahari total akan melintasi benua Amerika pada tanggal 8 April 2024. ---NASA

HARIAN DISWAY - Sebuah fenomena alam yang langka yakni gerhana matahari total akan terjadi lagi yakni pada 8 April 2024. Saat itu bulan melintas di antara matahari dan bumi ini sehingga mengakibatkan langit menjadi gelap layaknya saat fajar atau senja.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari total kali ini dapat disaksikan di wilayah Benua Amerika, yakni Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Melansir National Center for Atmospheric Research (NCAR), wilayah yang dilalui gerhana matahari total turut dapat menyaksikan ledakan matahari. Yakni peristiwa ketika tepian plasma matahari tampak meledak.

BACA JUGA: 2.000 Jemaah Salat Gerhana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Sayang, fenomena gerhana matahari total kali ini tidak akan melalui wilayah Indonesia. Fenomena gerhana matahari total terakhir Indonesia pada 16 Maret 2016 lalu.

Mengapa masyarakat Indonesia tidak dapat menyaksikannya? Dijelaskan oleh Koordinator Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Hendra Suwarta, pada saat GMT tersebut berlangsung, wilayah Indonesia akan berada pada sisi gelap bumi atau pada malam hari.

Dalam keterangan tertulis pada Senin, 1 April 2024, Hendra menyebutkan bahwa fenomena gerhana matahari total itu akan melintasi wilayah Indonesia kembali pada 23 Agustus 2044.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,6 Tuban, BMKG: Tercatat Ada 454 Rangkaian Gempa Laut Jawa 

Meski demikian, masyarakat Indonesia tetap dapat menyaksikan fenomena langka gerhana matahari total melalui sejumlah link live streaming Youtube yang telah disediakan oleh sejumlah lembaga berikut:

  • Link live streaming YouTube NASA tanggal 9 April 2024 pukul 00.00 WIB: klik di sini
  • Link live streaming YouTube The McDonald Observatory tanggal 9 April 2024 pukul 00.00 WIB: klik di sini
  • Link live streaming YouTube Timeanddate tanggal 8 April pukul 23.30 WIB: klik di sini 

Melalui live streaming, masyarakat Indonesia tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk dapat menyaksikan fenomena langka gerhana matahari total. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: