Tata Cara Bayar Zakat Fitrah secara Langsung dan Online

Tata Cara Bayar Zakat Fitrah secara Langsung dan Online

Tata cara bayar zakat fitrah secara langsung dan online. --ilustrasi

Niat adalah unsur penting dalam menunaikan zakat fitrah. Anda bisa membaca niat ini dalam hati atau dilafalkan secara lisan sebelum menunaikan zakat. Niat ini menentukan keabsahan dari zakat yang Anda keluarkan. 

a. Niat zakat fitrah untuk diri sendiri ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an nafsii fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, sebagai kewajiban karena Allah SWT.

b. Niat zakat fitrah untuk istri ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an zaujatii fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, sebagai kewajiban karena Allah SWT.

c. Niat zakat fitrah untuk anak laki-laki ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an waladii (...) fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku... (sebutkan nama), sebagai kewajiban karena Allah SWT.

d. Niat zakat fitrah untuk anak perempuan ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an bintii (...) fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku... (sebutkan nama), sebagai kewajiban karena Allah SWT.

BACA JUGA: Beras atau Uang? Berikut Ketentuan dan Hukum Zakat Fitrah Bagi Umat Muslim

e. Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'anni wa 'an jamii'i ma yalzamunii nafaqaatuhum syar'an fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, sebagai kewajiban karena Allah SWT.

f. Niat zakat fitrah untuk orang yang diwakilkanﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (.....) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an (...) fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk... (sebutkan nama tertentu), sebagai kewajiban karena Allah SWT.

4. Menyalurkan zakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: