Berenang dan Bersepeda, Mana yang Lebih Sehat?

Berenang dan Bersepeda, Mana yang Lebih Sehat?

Berenang dan bersepeda, mana yang lebih sehat? Berenang dan bersepeda, keduanya mampu membakar kalori tubuh. Tapi manakah yang lebih efektif?-freepik-indiatvnews.com

BACA JUGA: Jangan Biarkan! Kebiasaan-kebiasaan Ini Ternyata Penyebab Lemas saat Berpuasa

Bersepeda menanjak atau bersepeda melawan hambatan dengan sepeda stasioner biasanya membutuhkan lebih banyak tenaga sehingga membakar lebih banyak kalori. 

Selain itu, faktor-faktor seperti hambatan angin dan berat badan dapat memengaruhi pengeluaran kalori selama bersepeda di luar ruangan.

Berenang dan bersepeda, mana yang lebih sehat? Berenang dapat membakar kalori karena olahraga itu menggerakkan seluruh tubuh.-drobotdean-freepik.com

Membandingkan pembakaran kalori

Secara umum, berenang dan bersepeda dapat membantu Anda membakar sejumlah besar kalori per jam. Menurut Harvard Health Publishing, seseorang dengan berat badan sekitar 155 pon (sekitar 75 kilogram) dapat membakar sekitar 372 kalori per jam saat berenang santai.

Tetapi, ia dapat membakar hingga 744 kalori per jam saat berenang dengan penuh semangat. Di sisi lain, bersepeda dengan kecepatan sedang yaitu 12-14 mph dapat membakar sekitar 596 kalori per jam untuk individu yang sama.

BACA JUGA: Tip Diet Turunkan Badan dengan Seimbang dan Sehat ala Dokter Zaidul Akbar

Secara umum, berenang cenderung membakar lebih banyak kalori per jam dibandingkan bersepeda, terutama dengan intensitas sedang. Hal ini karena ketahanan air dan latihan seluruh tubuh yang diberikan oleh renang. 

Namun, faktor kuncinya adalah intensitas. Bersepeda dengan intensitas tinggi dapat menyaingi pembakaran kalori saat berenang. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com