Berenang dan Bersepeda, Mana yang Lebih Sehat?

Berenang dan Bersepeda, Mana yang Lebih Sehat?

Berenang dan bersepeda, mana yang lebih sehat? Berenang dan bersepeda, keduanya mampu membakar kalori tubuh. Tapi manakah yang lebih efektif?-freepik-indiatvnews.com

HARIAN DISWAY - Berenang dan bersepeda merupakan pilihan yang sangat baik untuk kebugaran kardiovaskular. Namun, orang sering bertanya-tanya.

Aktivitas mana yang membakar lebih banyak kalori dan menawarkan manfaat pengelolaan berat badan yang lebih baik? Berikut pemaparan perbandingan kedua jenis olahraga tersebut dalam hal pembakaran kalori.

Berenang dan bersepeda, mana yang lebih sehat? Bersepeda memberi manfaat menyehatkan dan membakar kalori. Hampir sama dengan berenang.-freepik-freepik.com

Berenang: Latihan Akuatik

Berenang adalah latihan yang dapat menggerakkan seluruh tubuh. Dan itu tentu melibatkan banyak gerakan otot secara bersamaan. Olahraga itu sangat cocok untuk orang dengan masalah persendian atau mereka yang baru pulih dari cedera.

BACA JUGA: Kiat Mudik, Lakukan 4 Hal Ini Agar Badan Bugar dalam Perjalanan!

Baik Anda melakukan gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, atau gaya kupu-kupu, berenang memberikan latihan kardiovaskular yang efektif.

Salah satu faktor kunci yang mempengaruhi pembakaran kalori saat berenang adalah intensitas dan durasi aktivitas. Gerakan yang intens umumnya menyebabkan pengeluaran kalori lebih besar. 

Selain itu, berenang di air yang lebih dingin berpotensi meningkatkan pembakaran kalori karena tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya.

BACA JUGA: Waspadai Penyakit Menular Ketika Mudik, IDI Sarankan Pakai Masker

Bersepeda: Mengayuh agar Selalu Bugar

Bersepeda, baik di luar ruangan atau dengan sepeda stasioner, adalah pilihan populer lainnya untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Seperti berenang, bersepeda melibatkan banyak kelompok otot. Terutama kaki dan pantat. Itu dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat kebugaran, mulai bersepeda santai hingga sesi latihan interval intensitas tinggi.

Pembakaran kalori selama bersepeda bergantung pada faktor-faktor seperti kecepatan, tingkat resistensi, dan medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com