Tip Diet Turunkan Badan dengan Seimbang dan Sehat ala Dokter Zaidul Akbar

Tip Diet Turunkan Badan dengan Seimbang dan Sehat ala Dokter Zaidul Akbar

Dokter Zaidul Akbar ungkap tip diet yang bisa dilakukan untuk turunkan berat badan dengan cara yang aman dan sehat. --Mayo Clinic

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebagian besar orang memiliki keinginan yang berbeda terhadap tubuh dan penampilan Mereka. Keinginan untuk diet muncul ketika seseorang merasa ingin kurus dan berpenampilan menarik. Pastikan diet yang dilakukan dengan cara yang benar dan sehat.

Tentang hal itu dr Zaidul Akbar, ahli gizi, punya nasihatnya tentang diet seimbang dan sehat telah membantu banyak individu mencapai berat badan yang sehat dan menjalani gaya hidup yang lebih baik. Berikut beberapa tip diet berdasarkan pandangan dan saran dari dr Zaidul.

1. Kurangi dan Hindari Konsumsi Nasi Putih

Nasi sudah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. Merasa belum makan kalau belum konsumsi nasi. Itulah kalimat yang sering Kita dengar. Nasi putih memang menjadi sumber karbohidrat untuk tubuh.

Namun, terdapat cara lain yang bisa digunakan untuk mengurangi konsumsi nasi. Menurut dr Zaidul, hal pertama harus dilakukan yaitu mengurangi atau berhenti konsumsi nasi putih.

Sumber karbohidrat tidak hanya tersedia dari nasi saja. Ada singkong, talas, ubi, atau kentang yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat yang setara dengan nasi.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Hidup Lebih Sehat, Ada Kok Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Dicoba

Salah satu alasan penting untuk mengurangi konsumsi nasi adalah indeks glikemiks yang tinggi. Nasi mengandung glukosa yang akan dicerna dalam tubuh. Memiliki indikasi untuk gula darah yang tinggi. Agar diet berjalan dengan sehat, hindari mengonsumsi nasi putih setiap hari.

2. Seimbangkan Karbohidrat, Protein, dan Lemak

Dr Zaidul juga menyarankan untuk menjaga keseimbangan antara karbohidrat, protein, dan lemak dalam diet.  Karbohidrat memberikan energi, protein penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel, sementara lemak sehat diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal.

Mengatur asupan ketiganya dengan seimbang adalah kunci yang sehat. Jangan sampai ketika diet justru membuat Kita mengurangi gizi yang seharusnya didapatkan. Mengatur pola makan dan apa yang dikonsumsi sangat perlu diperhatikan. Terutama kandungan gizi yang ada di dalamnya.

3. Hindari Makanan yang Mengandung Tepung Terigu

Selanjutnya dr Zaidul Akbar menegaskan untuk berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung tepung terigu. “Semua jenis makanan yang menggunakan tepung terigu, stop seminggu saja”, tambahnya.

Tepung terigu merupakan salah satu bahan dasar dari hidangan makanan yang Kita koonsumsi sehari-hari. Biasanya tepung terigu diolah menjadi mi, pasta, atau roti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: