Tip Diet Turunkan Badan dengan Seimbang dan Sehat ala Dokter Zaidul Akbar

Tip Diet Turunkan Badan dengan Seimbang dan Sehat ala Dokter Zaidul Akbar

Dokter Zaidul Akbar ungkap tip diet yang bisa dilakukan untuk turunkan berat badan dengan cara yang aman dan sehat. --Mayo Clinic

Faktanya, tepung terigu memiliki kalori dan karbohidrat yang tinggi, namun rendah serat dan protein. Maka dari itu, tepung terigu perlu dihindari selama menjalankan diet.

4. Jauhi Makanan Olahan dan Junk Food

Langkah diet selanjutnya adalah dengan menjauhi makanan olahan dan junk food yang tinggi lemak trans, gula tambahan, dan garam. Karena itu, junk food biasanya memiliki cita rasa yang gurih dan bisa membuat seseorang ketagihan untuk mengonsumsinya.

Makanan seperti ini cenderung kurang bergizi dan dapat berkontribusi pada masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung. 

Junk food ternyata membuat kecanduan. Saat kecanduan akan sulit mengontrol nafsu makan. Junk food merangsang sistem penghargaan di otak dengan cara yang sama seperti obat-obatan adiktif, seperti kokain. 

Setelah kecanduan junk food, level selanjutnya adalah depresi. Anda akan sulit mengendalikan stres dan tekanan saat tidak mengonsumsi junk food. Mood swing atau perubahan mood secara tiba-tiba pun akan terjadi.

Membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat merupakan pendekatan efektif untuk meningkatkan kesehatan mental sedari dini.

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Penderita Diabetes: Kunci Mengontrol Gula Darah

5. Mengganti Sumber Protein Hewani dengan Sumber Protein Nabati

Untuk yang satu ini, dr Zaidul tidak meminta Kita untuk menghindari konsumsi protein yang bersumber dari hewan. Namun, mengajarkan Kita untuk membiasakan diri menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan mengurangi makan daging.

Mulai sekarang, Anda bisa ganti sumber protein hewani dengan sumber protein nabati. Ada banyak sumber protein nabati yang bisa dikonsumsi di antaranya tahu, tempe, edamame dan kacang almond. (Meila Rizqya PY)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: