Tingkatkan Kualitas Hidup Lebih Sehat, Ada Kok Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Dicoba

Tingkatkan Kualitas Hidup Lebih Sehat, Ada Kok Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Dicoba

Berikut deretan makanan pengganti nasi yang wajib dicoba untuk hidup yang lebih sehat dan berkualitas.--Instagram : shutterstock

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Beberapa orang telah memutuskan berpindah untuk tidak mengonsumsi nasi dengan mengganti bahan makanan lain.  Tentu saja dengan berbagai alasan tertentu. Padahal tak bisa dipungkiri bahwa orang Indonesia kenal betul nasi sebagai bahan makanan pokok.

Nasi putih sebenarnya adalah makanan penuh nutrisi. Mengonsumsi nasi putih bisa menjadi sumber energi harian karena mengandung karbohidrat tinggi. Termasuk juga memilki kandungan banyak nutrisi penting seperti serat, protein, magnesium, dan zat besi.

Namun, nasi putih termasuk makanan yang mengandung indeks glikemiks tinggi yang membuat nasi dengan cepat berubah menjadi gula yang akan terserap tubuh. Makan nasi terlalu banyak pun bisa menyebabkan kadar gula meningkat.

Bagi orang-orang yang memilih makanan pengganti nasi tetap disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat. Anda bisa mengganti nasi dengan beragam jenis makanan pengganti nasi lainnya sebagai alternatif makanan yang sehat, enak, dan mengenyangkan. Berikut deretan makanan pengganti nasi yang bisa dicoba.

1. Kentang

Selain rasanya yang enak, kentang juga cocok lho untuk dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, karena kalorinya yang cukup rendah. Indeks glikemiks dari kentang juga tak setinggi nasi putih. Sehingga sangat membantu untuk membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Kebiasaan makan nasi bisa diubah dengan kentang yang juga mengandung karbohidrat. Umbi jenis ini mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Kentang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan pengganti nasi putih.

BACA JUGA:Hati-Hati, Anak Bisa Kena Diabetes Karena Minum Susu Jenis Ini

2. Singkong

Singkong memiliki kalori yang tak jauh berbeda dari nasi putih. Namun, singkong bisa menjadi sumber karbohidrat. pengganti yang bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Singkong adalah makanan alternatif yang bisa dijadikan camilan, nasi singkong, maupun tepung. Singkong juga dikenal sejak lama sebagai bahan dasar berbagai makanan tradisional di Indonesia. 

Singkong dari ubi kayu merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat, tetapi sangat sedikit protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi ketika memakan singkong agar keseimbangan gizi tercapai.

3. Nasi Merah

Nasi merah adalah pengganti nasi putih yang baik. Sumber karbohidrat nasi merah lebih rendah dan mengandung vitamin B6, zinc, dan zat besi. Selain itu, beralih ke nasi merah juga dapat membantu Anda menjaga pola makan seimbang sekaligus membuat tubuh menjadi semakin sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: