Ngeri, Virus Hepatitis Renggut 3.500 Nyawa Setiap Hari

Ngeri, Virus Hepatitis Renggut 3.500 Nyawa Setiap Hari

Ngeri, Virus Hepatitis Renggut 3.500 Nyawa Setiap Hari. Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan pentingnya akses terhadap pengobatan penyakit mematikan tersebut.-Ryan Lim-AFP-

Dua pertiga dari seluruh kasus hepatitis berada di Bangladesh, China, Ethiopia, India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, Filipina, Rusia, dan Vietnam.

"Sepuluh negara itu perlu akses universal untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan pada 2025. Itu bersamaan dengan upaya intensif di Afrika sehingga kita bersama-sama bisa mengupayakan kembali respons global ini ke jalur yang benar,’’ ucap WHO.

Hepatitis virus merupakan pembunuh infeksi terbesar kedua, yang berada di belakang penyakit tuberkulosis.


Ngeri, Virus Hepatitis Renggut 3.500 Nyawa Setiap Hari. Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan pentingnya akses terhadap pengobatan penyakit mematikan tersebut. Deteksi dini juga sangat dianjurkan.-Los Muertos Crew-Pexels-

Apa itu Hepatitis?

Hepatitis berarti peradangan pada hati. Penyakit infeksi ini sudah menjadi perhatian serius dalam dunia kesehatan global.

Hati adalah organ vital yang memproses nutrisi, menyaring darah, dan melawan infeksi. Ketika hati mengalami peradangan atau kerusakan, fungsi tubuh dapat terganggu.

Penggunaan alkohol berlebih, toksin, beberapa obat, dan kondisi medis tertentu dapat menyebabkan hepatitis. Namun, seringkali hepatitis disebabkan oleh virus.


Ngeri, Virus Hepatitis Renggut 3.500 Nyawa Setiap Hari. Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan pentingnya akses terhadap pengobatan penyakit mematikan tersebut. Salah satu penyebab peradangan hati adalah konsumsi alkohol yang berlebihan.-Polina Kovaleva-Pexels-

Di Amerika Serikat, jenis hepatitis virus yang paling umum adalah hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Banyak orang yang terinfeksi hepatitis tidak menunjukkan gejala dan tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi. Jika gejala muncul dengan infeksi akut, gejalanya bisa muncul kapan saja antara 2 minggu hingga 6 bulan setelah terpapar.

Gejala hepatitis akut dapat mencakup demam, kelelahan, hilangnya nafsu makan, mual, muntah, nyeri perut, urine gelap, tinja berwarna terang, nyeri sendi, dan kuning pada kulit atau mata.

Gejala hepatitis virus kronis bisa memakan waktu puluhan tahun untuk berkembang.

Menurut data terbaru, sekitar 11.500 infeksi hepatitis A terjadi pada 2021. Sedangkan hepatitis B mencatat sekitar 13.300 infeksi baru pada tahun yang sama.

Sekitar 69.800 infeksi baru hepatitis C terjadi pada tahun tersebut.

Hepatitis B diperkirakan menginfeksi sekitar 640 ribu orang dewasa secara kronis, sementara hepatitis C menginfeksi sekitar 2,2 juta orang dewasa.

Hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C memiliki perbedaan dalam penyebarannya.


Ngeri, Virus Hepatitis Renggut 3.500 Nyawa Setiap Hari. Tampak veteran AS dan para tunawisma menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi hepatitis A di Chicago.-Scott Olson-AFP-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: