Banjir di Pasuruan, Sidoarjo, Banyuwangi dan Bangkalan, Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jawa Timur

Banjir di Pasuruan, Sidoarjo, Banyuwangi dan Bangkalan, Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jawa Timur

Banjir menggenangi jalanan Kota Pasuruan, bencana hidrometeorologis melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H-BNPB-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hujan deras di beberapa wilayah Jawa Timur terjadi dalam beberapa hari terakhir. Utamanya sejak Senin, 8 April 2024. 

Banjir dengan dampak cukup signifikan dilaporkan melanda Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. 

Hujan deras masih sering terjadi di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan sejak Senin malam, 8 April 2024 hingga malam takbiran, 9 April 2024. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Welang. 

Kalaksa BPBD Pasuruan Sugeng Hariyadi mengungkapkan sampai malam menjelang lebaran, pihaknya terus memaksimalkan upaya penyedotan dan pembersihan material pasca banjir sehingga masyarakat dapat menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan aman.

BACA JUGA:Banjir Terjang Kabupaten dan Kota di Pasuruan, Dua Orang Meninggal Dunia

Sugeng mengungkapkan hingga malam hari cuaca di lokasi kejadian terpantau berawan dan masih diguyur hujan ringan, tim gabungan menggunakan sandbag di sekitar area sungai untuk mencegah luapan air di hulu tidak memasuki area pemukiman masyarakat. 

BPBD Kabupaten Pasuruan telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk melakukan normalisasi sungai sebagai langkah antisipasi jangka panjang setelah banjir. 

Sebelumnya masyarakat terdampak telah dievakuasi ke Balai Desa setempat dan telah kembali ke rumah masing-masing karena genangan air di beberapa kecamatan berangsur surut.

Warga juga diarahkan untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 H pada hari Rabu pagi di tempat-tempat yang tidak terdampak banjir. 

BACA JUGA:40 RIbu Jamaah Salat Idulfitri di Masjid Al-Akbar Surabaya, Khofifah Nikmati Momen bersama Keluarga

Tidak hanya wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan, banjir juga merendam Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo sehari jelang Idul Fitri. Tepatnya pada Selasa, 9 April pukul 01.00 WIB. 

Banjir dengan tinggi muka air 5 hingga 20 sentimeter merendam tiga perumahan, yaitu Perumahan Green Residence, Bumi Cabean Asri dan Alam Mutiara.

BPBD Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo melakukan pemantauan tinggi muka air serta pendataan di lokasi kejadian. Kondisi cuaca saat ini terpantau berawan dan banjir berangsur surut.

Selain itu, banjir merendam area jalan nasional di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Selasa pukul 14.37 WIB. Hal ini terjadi akibat hujan lebat dan memicu luapan air dari saluran drainase atau selokan di sekitar jalan sehingga material lumpur mengganggu pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: