4 Keutamaan Puasa Syawal, Setara dengan Berpuasa Selama 1 Tahun

4 Keutamaan Puasa Syawal, Setara dengan Berpuasa Selama 1 Tahun

ilustrasi islami--freepik

1. Mendapat pahala sebesar berpuasa selama setahun

Seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-An’am (160), bahwa setiap ibadah akan diberikan balasan pahala sebesar 10 kali lipat.

Jika berpedoman dalam hitungan pada ayat tersebut, maka puasa satu bulan puasa Ramadhan dikali 10 sama dengan 10 bulan, lalu dilanjutkan dengan berpuasa Syawal 6 hari dikali 10 sama dengan 2 bulan.

Sehingga, apabila seseorang telah melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan lalu dilanjutkan dengan puasa Syawal maka akan terhitung 12 bulan atau setahun.

BACA JUGA:Mengajari Anak Untuk Berpuasa Tanpa Paksaan

BACA JUGA:Hoka Run Club Ngabuburit sambil Lari 5K, Buka Puasa di Tiba-Tiba Bazaar di Yamaha Land

2. Menyempurnakan puasa Ramadan

Sama halnya dengan kegiatan sunnah lainnya yang dilakukan selain kegiatan rawatib. Sehingga kegiatan sunnah yang dikerjakan tentu akan memberikan pahala apabila dikerjakan. Maka, jika berpuasa Syawal dapat menyempurnakan pahala dari kegiatan rawatib. 

3. Tanda syukur kepada Allah SWT

Melaksanakan puasa sunnah Syawal sama seperti halnya kegiatan sunnah lainnya yang juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Mengerjakan amalan sunnah menjadi sebuah bentuk rasa syukur umatnya kepada Allah SWT.

4. Tidak memutus ibadah Ramadan

Maksudnya, ibadah yang dilakukan selama Ramadan tidak langsung terhenti. Melainkan tetap konsisten dilakukan pada bulan Syawal. Sehingga harapannya, hal-hal baik yang dilakukan dan didapatkan selama Ramadan (misalnya lebih sabar dan mampu menahan hawa nafsu) pun berlanjut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber