4 Keutamaan Puasa Syawal, Setara dengan Berpuasa Selama 1 Tahun

4 Keutamaan Puasa Syawal, Setara dengan Berpuasa Selama 1 Tahun

ilustrasi islami--freepik

HARIAN DISWAY- Setelah sebulan berpuasa, umat muslim merayakan Hari Raya Idulfitri pada Rabu, 10 April 2024 lalu. Walaupun Ramadan telah berakhir, ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim di bulan Syawal. Yakni berpuasa Syawal.

Puasa Syawal boleh dilakukan pada tanggal 2 Syawal atau sehari setelah Idulfitri. Awal Puasa Syawal tidak dimulai dari tanggal 1 Syawal karena hari itu diharamkan bagi seseorang untuk berpuasa.

Dalam sebuah hadist nabi dari HR Muslim, dijelaskan "Barang siapa yang melanjutkan berpuasa setelah puasa Ramadhan, dengan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal, maka pahala yang didapatkan seperti berpuasa selama satu tahun."

BACA JUGA:Belum Terlambat Untuk Puasa Syawal, Hafalkan Niat dan Tata Caranya

Meski berpuasa 6 hari, umat muslim mendapatkan kemudahan. Kita boleh tidak langsung mengerjakannya selama enam hari berturut-turut. Yang penting 6 hari, sepanjang masih dalam bulan Syawal. 


Puasa syawal memiliki banyak keutamaan baik untuk dikerjakan--freepik

Dalam hal ini, seseorang yang mengerjakan puasa Syawal dapat mengerjakan sesuai dengan kemampuannya. Contohnya apabila seseorang telah berniat puasa di Senin-Kamis selama bulan Syawal, maka puasa yang dilakukan tetap dihitung sebagai keutamaan puasa Syawal.

Tata cara puasa Syawal sama seperti puasa pada umumnya dengan menahan diri dari segala kondisi seperti emosi, makan, dan minum mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya fajar.

BACA JUGA:Iktikaf Akhir Ramadan 1445 H Unair: Banyak Berzikir dan Tingkatkan Amalan

BACA JUGA:Apa Sih Kriteria Musafir Hingga Anda Boleh Tidak Berpuasa saat Mudik? Ini Hukum dan Syaratnya!

Anda ingin melakukan puasa Syawal? Berikut lafal niat yang dibaca pada malam hari:

Nawaitu Shauma Ghadin an ada i sunnatis Syawwali Lillahi Ta’ala. Yang artinya, "Aku berniat puasa Syawal esok hari karena Allah Ta'Ala."

Keutamaan Perpuasa Syawal

Ada banyak keutamaan yang bakal kita dapatkan jika menjalankan puasa selama bulan Syawal. Berikut di antaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber