Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Apa Bedanya Bayer dan Bayern?

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Apa Bedanya Bayer dan Bayern?

BAYER Leverkusen juara Bundesliga, apa bedanya Bayer dan Bayern?-DAZN-

HARIAN DISWAY - Bayer Leverkusen berhasil menjuarai Liga Jerman 2023/2024. Prestasi apik Bayer Leverkusen itu menjadi penanda akhir dari dominasi Bayern Munchen yang selalu menjuarai Bundesliga sejak musim 2013.

Saat ini, banyak penggemar sepak bola mengira Bayer Leverkusen dan Bayern Munchen memiliki keterkaitan. Bahkan ada yang menganggap kedua klub tersebut memiliki "ikatan darah", seperti Inter Milan dan AC Milan.

Hal itu kurang tepat. Antara Bayer Leverkusen dan Bayern Munchen sama sekali tak memiliki hubungan apa pun. Meskipun Bayern dan Bayer terdengar serupa, tapi mereka memiliki perbedaan besar dalam hal asal-usul dan sejarah.

BACA JUGA:Profil Xabi Alonso: Dari Gelandang Kelas Dunia Menjadi Pelatih Legendaris Bundesliga


Berikut Profil dari Bayer Leverkusen, klub yang menjadi juara Bundesliga musim 2023/2024 usai puasa gelar selama 120 tahun-instagram-bayer04fussball

"Bayern" merujuk pada Bavaria, sebuah negara bagian terbesar di Jerman dengan sejarah yang kaya. Bavaria pernah menjadi kerajaan sendiri sebelum menjadi bagian dari Kekaisaran Prussia di akhir abad ke-19. Dialek dan budaya Bavaria cukup distingtif dibandingkan dengan Jerman pada umumnya.

Di sisi lain, "Bayer" adalah sebutan untuk orang Bavaria. Namun, dalam kasus ini, nama Bayer Leverkusen bukanlah diambil dari situ. Bukan "Bavarian Leverkusen". Asal-usul nama Bayer Leverkusen lebih sederhana dari itu. 

BACA JUGA:Bayer Leverkusen Juarai Bundesliga Setelah 120 Tahun, Ini 10 Tim yang Juga Lama Puasa Juara!

Justru, Bayer Leverkusen memiliki keterkaitan langsung dengan perusahaan farmasi Bayer. Itu lho, yang memproduksi suplemen Berocca, obat sakit kepala Aspirin, pil menstruasi Diane, dan obat kulit Canesten.

Salah satu produk Bayer yang paling terkenal di Indonesia barangkali adalah Redoxon. Suplemen berisi vitamin C dosis tinggi dan kalsium.

Nah, Die Werkself (sebutan Bayer Leverkusen), didirikan oleh para karyawan Bayer pada 1904, sebagai bagian dari klub olahraga TSV Bayer 04 Leverkusen. Logo Leverkusen mengandung logo perusahaan, dengan dua singa yang mengapit bulatan bertulisan Bayer.


BAYER Leverkusen juara Bundesliga, apa bedanya Bayer dan Bayern? Foto: kantor pusat PT Bayer di Leverkusen.-Bayer Official-

Perusahaan Bayer sendiri mengambil namanya dari sang founder, Friedrich Bayer. Ia membangun perusahaan farmasi dan kimia global tersebut pada 1863 di Barmen, Jerman. Namun, kanor pusatnya ada di Leverkusen.

BACA JUGA:Bayer Leverkusen Juara Bundesliga! Kutukan Runner-up Berakhir di Tangan Xabi Alonso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber