Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Pabrik Talenta Sepak Bola Dunia

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Pabrik Talenta Sepak Bola Dunia

5 KUNCI sukses Bayer Leverkusen juara Bundesliga, dari transfer sampai Xabi Alonso. Foto: Pemain Leverkusen merayakan kemenangan 3-0 atas Bayern Munchen. -Ina-AFP

Sebelum namamnya tersohor seperti sekarang, Arturo Vidal lebih dulu bergabung dengan Bayer Leverkusen. Arturo Vidal menunjukkan kekuatan di lini tengahnya di Leverkusen dari 2007 hingga 2011.

Selama empat musim membela Leverkusen, pemain asal Chile tersebut mengemas 21 gol dan 21 assist dalam 144 pertandingan. 

Berkat performa apiknya itu banyak klub besar Benua Biru mendatangkannya. Mulai dari Bayern Munchen, Juventus, dan Barcelona. 

3. Javier 'Chicharito' Hernandez


Javier 'Chicarito' Hernandez bergabung dengan Bayer Leverkusen setelah hengkang dari MU-X @bayer04_en-

Striker asal Meksiko itu bergabung dengan Leverkusen pada musim panas 2015 dari Manchester United. Dalam dua tahun, Chicharito tampil dalam 76 pertandingan, mencetak 39 gol dan 9 assist.

Kala itu ia menjadi andalan di ujung tombak Die Werkself. Dia pun bisa menjawab kepercayaan pelatih dengan mengemas banyak gol. 

Berkat penampilan apiknya bersama Bayer Leverkusen, ia bisa kembali ke Liga Inggris dan bergabung bersama West Ham United di tahun 2017.

4. Dimitar Berbatov


Eks penyerang andalan Manchester United, Dimitar Berbatov pernah berseragam Bayer Leverkusen-X @bayer04_en-X @bayer04_en

Alumni lain dari Manchester United, yakni Dimitar Berbatov pernah memperkuat Bayer Leverkusen. Teaptnya di tahun 2001 dari CSKA Sofia dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu 2,5 juta euro (sekitar Rp43 miliar).

Penyerang asal Bulgaria itu dengan cepat menjadi pemain kunci Die Werkself. Berbatov mencetak 91 gol dan 34 assist dalam 202 pertandingan.

Catatan itu menjadi penanda kesuksesan karirnya di masa depan dengan tim raksasa Eropa lainnya.

5. Toni Kroos


Gelandang andalan Timnas Jerman, Toni Kroos lebih dulu bermain untuk Bayer Leverkusen sebelum Bayern Munchen dan Real Madrid-X @bayer04_en-X @bayer04_en

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber