Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Pabrik Talenta Sepak Bola Dunia

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Pabrik Talenta Sepak Bola Dunia

5 KUNCI sukses Bayer Leverkusen juara Bundesliga, dari transfer sampai Xabi Alonso. Foto: Pemain Leverkusen merayakan kemenangan 3-0 atas Bayern Munchen. -Ina-AFP

Selanjutnya, salah satu gelandang Real Madrid, Toni Kroos pernah berbaju Bayer Leverkusen di awal karirnya. Saat itu Toni Kroos pinjamkan dari Bayern Munchen di musim 2009/10.

Meskipun masih sangat muda, Toni Kroos dapat membuat kesan baik dengan 10 gol dan 13 assist dalam 48 pertandingan di semua kompetisi.

Catatan tersebut membantunya mendapatkan tempat penting setelah masa pinjamannya habis, lalu kembali ke Bayern.

6. Michael Ballack


Michael Ballack memutuskan pensiun ketika di berseragam Bayer Leverkusen di tahun 2012-Instagram @apuntesderabona-Instagram @apuntesderabona

Penyerang kawakan asal Jerman itu tercatat dua kali membela Bayer Leverkusen. Pertama, ketika di awal karir Michael Ballack, tepatnya di tahun 1999 - 2002. 

Berkat penampilan apiknya bersama Die Werkself, Michael Ballack direkrut Bayern Munchen di tahun 2002 hingga 2006. Setelah membela Bayern Munchen, Michael Ballack bergabung dengan raksasa Liga Inggirs Chelsea. 

Usai melalangbuana dari berbagai tim, Michael Ballack kembali ke Bayer Leverkusen di tahun 2010. Dan akhirnya memutuskan pensiun di tahun 2012 ketika ia berseragam Bayer Leverkusen.  

7. Daniel Carvajal 


Bek kanan andalah Real Madrid, Dani Carvajal ternyata pernah membela Bayer Leverkusen-X @bayer04_en-X @bayer04_en

Daniel Carvajal merupakan pemain asli jebolan akademi Real Madrid. Namun, ketika dia berusia 20 tahun, Carvajal memilih hengkang dan bergabung bersama Bayer Leverkusen di musim panas 2012. 

Daniel Carvajal membela Bayer Leverkusen tak lama, hanya satu musim saja di Jerman. Lalu, ia kembali lagi dibeli oleh Real Madrid pada musim panas 2013.

Carvajal dianggap tampil sangat baik dan membuat manajemen Los Blancos (sebutan Real Madrid) menebusnya lagi. 

Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu, berhasil mengantarkan El Real (sebutan lain Real Madrid) menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Atletico Madrid di partai final dengan skor akhir 4-1.

Sejak saat itu, Carvajal tak pernah tergantikan posisinya hingga saat ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber