Luxury Bus Trans Jatim Siap Diluncurkan

Luxury Bus Trans Jatim Siap Diluncurkan

Kedatangan Bus Trans Jatim di Koridor Patas Ac, Terminal Purabaya Sidoarjo pada Selasa 16 April 2024.- M Azizi Yofiansyah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Ini kabar gembira datang bagi pengguna moda transportasi umum di Jawa Timur. Sebab, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan meluncurkan Bus Trans Jatim tipe Luxury. Hal itu telah terkonfirmasi oleh Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jatim Ainur Rofiq.

"Betul. InsyaAllah launching bareng dengan Trans Jatim koridor 4 pada Bulan Agustus 2024," ujar Ainur saat dikonfirmasi Harian Disway, Selasa, 16 April 2024. Nantinya, bus Trans Jatim tipe ini beroperasi pada koridor I yang melayani rute perjalanan Sidoarjo-Surabaya-Gresik. 

Bukan tanpa alasan, tingkat muatan (load factor) koridor yang diresmikan pada Agustus 2022 ini paling tinggi dibanding koridor lain. Bahkan, load factor koridor I mencapai lebih dari 120 persen. Kendati demikian, Ainur tak menutup kemungkinan bila bus Trans Jatim tipe Luxury akan diperluas dan melayani rute koridor-koridor lain.

"Betul, apabila load factor koridor tersebut sudah di atas 100 persen,” imbuhnya. Ainur mengatakan, Dishub Jatim menyiapkan 4 armada Bus Trans Jatim tipe Luxury saat peluncuran. 

BACA JUGA:Kecelakan di Mojokerto, Bus Trans Jatim Nyungsep di Kebun Cabai

BACA JUGA:Koridor Bus Trans Jatim Ditambah Tujuan Lamongan dan Bangkalan

Menurutnya, Trans Jatim tipe Luxury ini merupakan upaya Pemprov Jatim dalam meningkatkan pelayanan transportasi umum. Terlebih, Trans Jatim menjadi transportasi andalan masyarakat dalam beraktivitas.

Dari segi tarif, Ainur mengatakan pihaknya belum bisa memastikan besarannya. "Tarif belum ditentukan. Karena ini tidak ada subsidi pemerintah, jadi harus profit (untung)," ucapnya. 

Diketahui, Dishub Jatim berencana menarik tarif subsidi pada Koridor I. Kemudian akan dipindahkan ke koridor lain demi pemerataan pelayanan.

Berdasarkan data Dishub Jatim, mayoritas masyarakat yang menaiki bus Trans Jatim di Koridor I merupakan pekerja di area industri dengan rata-rata gaji Rp 10 juta/bulan. Bahkan lebih. Oleh karena itu, muncul terobosan bus Trans Jatim tipe Luxury guna menjaring masyarakat kalangan menengah atas.


Momen para penumpang yang akan menaiki Bus Trans Jatim di Halte Transit Point Terminal Purabaya Sidoarjo pada Selasa, 16 April 2024- M Azizi Yofiansyah-

Namun, bus Trans Jatim dengan tarif subsidi Rp 5.000 masih tetap dioperasikan pada Koridor I. Hanya saja, bus-bus itu akan melayani penumpang koridor I di luar jam sibuk. Sebaliknya, operasi Trans Jatim tipe Luxury justru akan difokuskan pada jam-jam sibuk.

Hingga kini, Pemprov Jatim sudah mengoperasikan 3 koridor Trans Jatim. Koridor I melayani rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik. Sementara Koridor II melayani rute Mojokerto-Sidoarjo. Lalu Koridor III melayani rute Mojokerto-Gresik. 

Pada tahun 2024, Dishub Jatim berencana menambah 2 koridor Trans Jatim. Yakni Koridor IV dengan rute Terminal Bunder Gresik ke Terminal Paciran Lamongan dan Koridor V yang akan melayani rute Terminal Surabaya ke Terminal Bangkalan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: