Berencana ke Trawas Naik Motor? Ikuti Cara ini Agar Aman dan Selamat

Berencana ke Trawas Naik Motor? Ikuti Cara ini Agar Aman dan Selamat

Trawas memang dikenal dengan keindahan alamnya. Pun dengan medan curam yang naik turun. Anda bisa mengikuti cara ini agar tetap aman dan selamat. --MPM Honda Jatim

2. Posisi tubuh yang benar

Posisi tubuh yang benar sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan kendali motor. Condongkan tubuh ke depan saat menanjak untuk meningkatkan traksi roda depan. 

Ketika Anda menuruni turunan, condongkan tubuh ke belakang agar berat badan terdistribusi dengan baik.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Mojokerto Bertema Sejarah, Cocok Buat yang Bosen ke Gunung

3. Memanfaatkan rem dengan bijak

Rem menjadi kunci saat menaklukkan jalanan curam. Gunakan rem depan dan belakang secara proporsional untuk mengatur kecepatan saat melintasi tikungan dan melewati turunan.

Anda juga bisa menggunakan rem depan untuk menahan bobot motor terdorong ke depan ketika melintasi jalan menurun. Posisikan rem belakang hanya alat bantu. Jika dibagi bisa 80 persen depan, 20 persen untuk pengereman belakang.

4. Berhenti di tanjakan

Ketika harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar yang berguna untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.

BACA JUGA: Naik Saudia Airlines Bisa Nikmati Layanan Koki di Atas Pesawat 

Lalu hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. Namun, bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar, ambilah posisi di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya.

5. Lakukan manuver zig zag

Masih ada cara lainnya untuk menanjak saat keTrawas dengan motor dengan motor. Jika kondisi jalanan cukup sepi, Anda bisa berkendara di tanjakan dengan cara zig zag.

Melalui manuver ini, mesin tidak terlalu berat untuk mendukung kendaraan naik di tanjakan. Sebab dengan zig zag, posisi jalan terhadap motor pun menjadi landau.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Prigen yang Cocok Dikunjungi Saat Mudik Lebaran ke Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: