Cheng Yu Pilihan Nutritional Therapist David Gunawan: Huang Tian Bu Fu You Xin Ren

Cheng Yu Pilihan Nutritional Therapist David Gunawan: Huang Tian Bu Fu You Xin Ren

Cheng Yu Pilihan nutritional therapist David Gunawan: huang tian bu fu you xin ren. --

TENTU Anda sudah familiar sekali dengan bunyi ayat yang ada di Amsal 16:9 (TB) ini: "Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya."

Anda juga sudah hafal di luar di luar kepala surah An-Najm ayat 39-42 yang terjemahan bahasa Indonesianya begini. "Bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya".

"Bahwa sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan [kepadanya], kemudian dia akan diberi balasan atas [amalnya] itu dengan balasan yang paling sempurna, bahwa sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahan [segala sesuatu]".

BACA JUGA: Cheng Yu Politikus PKS Sulawesi Selatan: Ismail Bachtiar: Zhi Yu Zhi Shan

Dalam artian, Tuhan memang mempunyai "hak prerogatif" dan "hak veto" atas segala sesuatu, tapi yang akan didapat manusia ialah sesuai dengan yang diusahakannya.

Kalau usahanya ekstra, yang diperoleh pun akan kentara. Kalau usahanya asal-asalan, jangan salahkan bila mendapatkan hasil yang tak signifikan. 

Karena itulah, kita mesti berikhtiar sebaik mungkin jika yang kita harapkan adalah hasil yang terbaik dari Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Pengusaha Transportasi Aguan: Ti Tian Xing Dao

Kendati di tengah jalan sering menyaksikan orang yang usahanya luar biasa, tapi hasilnya begitu-begitu saja atau malah sama sekali tak ada hasilnya.

Saat terinterupsi oleh hal-hal demikian, ada baiknya petuah filsuf Mencius ini kita jadikan bahan renungan, "行有不得,反求诸己 (xíng yǒu bù dé, fǎn qiú zhū jǐ): ketika ekspektasi tak sesuai realita, carilah penyebabnya pada diri sendiri, bukan pada yang lain. 

Atau, jika dirasa terlalu menyengat, mungkin moto hidup yang dipegang teguh Nutrisionis David Gunawan 吴贤才 ini juga bisa kita jadikan pegangan, "When you have done your best, leave room for miracle".

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Pramugari Garuda Indonesia Zevanya Wotulo: Bao Si Liu Pi, Ren Si Liu Ming

Yang pasti, kata pepatah Tiongkok kuno atau cheng yu, "皇天不负有心人" (Huáng tiān bú fù yǒu xīn rén): Tuhan tak akan mengecewakan orang ulet. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: